Perjalanan Gandi Sulistiyanto, Awali Karir dari Nol Hingga Jabat Wantimpres Presiden Jokowi

Edith Stein Neben
Gandi Sulistiyanto dilantik Presiden Joko Widodo menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Senin (17/7) kemarin.

Sulis, sapaan akrabnya, mengaku bersyukur atas kesempatan berharga yang diberikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepadanya.

“Saya berterimakasih kepada Presiden Jokowi atas kepercayaan dan tanggung jawab baru yang telah diberikan kepada saya. Saya meyakini bahwa penunjukkan ini merupakan kesempatan yang berharga bagi saya untuk bisa terus berkontribusi terhadap perkembangan bangsa Indonesia,” ucap Gandi dikutip dari akun Instagram pribadinya, @gandisulis, Selasa (18/7/2023).

Pendidikan dan Karir Gandi Sulistiyanto

Gandi Sulistiyanto merupakan pria kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah, 13 Februari 1960. Ia menamatkan studi D-3 Jurusan Perkapalan dari Universitas Diponegoro pada tahun 1963.

SDilansir dari website resmi PT Sinar Mas, Sulis merintis kariernya dari nol. Ia akhirnya dipercaya menjadi CEO Asuransi Ekalife pada tahun 1992 dan Managing Director di PT. Sinar Mas.

Selama masa kepemimpinannya, Sulis berhasil membawa Sinar Mas melalui beragam jenis masa krisis, salah satunya krisis ekonomi tahun 1998. Kerja-kerja baik Sulis juga membuahkan berbagai hal bermanfaat bagi Tanah Air.

Misal, pada tahun 2008 ia menggelar bazaar minyak goreng buatan PT. Sinar Mas. Dari sumbangsihnya itu, PT. Sinar Mas dianugerahi penghargaan dari MURI.

Setelah 29 tahun memimpin Sinar Mas, Sulis diberikan kepercayaan menjadi Duta Besar Indonesia bagi Korea Selatan.  Ia membawa banyak hal positif dalam kapasitasnya sebagai represntasi Indonesia di Negeri Gingseng.

Dirinya terbilang aktif dalam media sosial Instagram dimana ia kerap membagikan berbagai hal seputar kebudayaan, tips-tips, dan fakta unik mengenai Korea Selatan. Tidak heran jika akun Instagramnya juga diikuti oleh beberapa akun portal berita selebriti Korea Selatan untuk Indonesia, salah satunya @officialkvibes.

Sulis juga dikenal sebagai sosok yang memiliki jiwa toleransi tinggi. Salah satu bukti sikap toleransinya adalah dengan mendirikan Yayasan Muslim Sinar Mas (YMSM).

Dilantik Sebagai Wantimpres

Sulis yang rendah hati ini dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Berbagai ucapan selamat yang ditujukan kepadanya datang silih-berganti.

Wantimpres sendiri merupakan sebuah lembaga pemerintah yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 UUD 1945 dan kemudian diatur oleh Undang-Undang No. 19 Tahun 2006. Wantimpres berkedudukan dan bertanggung-jawab langsung kepada Presiden.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network