Mahasiswa Baru UIKA Ikuti Pemeriksaan PTM dan Kesehatan Mental Bertepatan dengan Sumpah Pemuda

Ifan Jafar Siddik
Dalam semangat Sumpah Pemuda, mahasiswa baru UIKA jalani pemeriksaan kesehatan mental dan PTM untuk wujudkan generasi muda yang sehat dan produktif. Foto: iNewsBogor.id/ Istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar pemeriksaan kesehatan serentak bagi mahasiswa baru. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor, Fakultas Kedokteran Militer (FKM) Universitas Pertahanan (UNHAN), dan Puskesmas Kota Bogor, UIKA memfasilitasi pemeriksaan untuk deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) dan kesehatan mental. Kegiatan yang berlangsung Senin ini melibatkan 1.600 mahasiswa baru reguler.

"Hari ini, mahasiswa baru menjalani pemeriksaan kesehatan mental dan PTM sebagai langkah preventif guna mendukung proses dan kelancaran perkuliahan mereka," ujar Nurdin Alazis, Humas UIKA Bogor.

Menurut Azies, kegiatan ini dirancang dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang sehat secara fisik dan mental, sejalan dengan tema Hari Sumpah Pemuda 2024: "Indonesia Maju Bersama."

Mahasiswa baru UIKA menjalani berbagai pemeriksaan, termasuk tinggi badan, berat badan, lingkar perut, smokerlyzer, tekanan darah, gula darah, kolesterol, kesehatan pancaindra seperti penglihatan dan pendengaran, serta kondisi kesehatan mental.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Dr. Sri Nowo Retno, menekankan bahwa deteksi dini PTM menjadi fokus utama program promotif dan preventif Dinas Kesehatan.

“Penyakit tidak menular, seperti hipertensi dan diabetes, terus meningkat di kalangan usia produktif, 15 hingga 59 tahun. Deteksi dini ini penting untuk mempersiapkan generasi yang sehat di usia produktif,” ujarnya.

Dekan FKM UNHAN, Mayor Jenderal TNI Dr. dr. Prihati Pujowaskito, menyatakan pentingnya deteksi PTM sejak dini, termasuk bagi mahasiswa.

"Di usia muda, deteksi penyakit tidak menular sangat penting. Dalam pengalaman saya sebagai dokter jantung, pasien-pasien muda bahkan sudah perlu tindakan pemasangan cincin pembuluh darah koroner," ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi mahasiswa UIKA serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini PTM.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network