Hindari Stres, Ini 4 Tips Menjaga Kesehatan Mental 

Ifan Jafar Siddik
Hindari Stres, Ini 4 Tips Menjaga Kesehatan Mental. FOTO: ist

SUKABUMI, iNews.id - Akhir- akhir ini publik sedang ramai tentang pemberitaan seorang ibu yang membunuh anak nya hingga berakhir bunuh diri. Warganet banyak yang menyayangkan kejadian tersebut bahkan banyak sekali yang menyalahkan suami sebagai faktor pencetus pembunuhan tersebut secara tidak langsung.

Dalam sebuah keluarga, sering kali terlihat sepertinya peran ibu yang lebih besar. Sebab, para ibu lah yang mengandung, melahirkan, menyusui, dan membesarkan anak.

Semua kesibukan tersebut, mampu memengaruhi konfisi fisik dan mental mereka.

Tak jarang, seorang ibu merasa stres dan apabila tidak segera diatasi bisa membuat kesehatan mentalnya terganggu. Padahal, para suami juga dapat ikut berperan untuk meringankan tugas-tugas di rumah.

Banyak yang berargumen tentang penting nya menjaga kesehatan mental atau mental health untuk seorang ibu. Banyak yang masih belum paham, apa sih mental health itu. Kini iNewsBogor akan mengulasnya.

Mental Health atau kesehatan mental merupakan sebuah kondisi di mana individu terbebas dari segala bentuk gejala-gejala gangguan mental.

Individu yang sehat secara mental dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya saat menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang akan ditemui sepanjang hidup seseorang dengan menggunakan kemampuan pengolahan stres.

Kesehatan mental merupakan hal penting yang perlu diperhatikan selayaknya kesehatan fisik. Sebab kondisi kestabilan kesehatan mental dan fisik saling mempengaruhi.

Gangguan pada kesehatan mental bukanlah sebuah keluhan yang hanya diperoleh dari garis keturunan. Tuntutan hidup yang berdampak pada stres berlebih akan berdampak pada gangguan kesehatan mental yang jauh lebih buruk.

Maka dari itu mencari tahu sebanyak mungkin pengetahuan kesehatan mental menjadikan kita jauh lebih awas ketimbang yang lain, sehingga kita dapat menjaga mental kita agar terus sehat seperti juga fisik kita. 

Berikut ini cara-cara yang bisa kamu terapkan agar kesehatan mental kamu tetap terjaga:

1. Tetap Aktif Berolahraga
Cara menjaga kesehatan mental yang pertama adalah dengan tetap aktif berolahraga. Para ahli yakin bahwa olahraga dapat melepaskan hormon di otak kita yang dapat membuat kita merasa jauh lebih baik.

Olahraga teratur juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, membantu konsentrasi, tidur dan merasa lebih baik. Tetap aktif olahraga juga dapat menjaga kesehatan otak dan organ vital lainnya.

2. Makan yang Baik

Cara menjaga kesehatan mental berikutnya adalah makan makanan yang baik dan hindari makanan yang dapat merusak kesehatan fisik maupun mental. Sebab ada hubungan yang sangat kuat antara apa yang kita makan dan bagaimana perasaan kita.

Misalnya kafein dan gula dapat memiliki efek langsung, tetapi juga memiliki efek panjang pada kesehatan mental kamu.

3. Ungkap Perasaan Kamu

Membicarakan perasaan dapat membantu tetap menjaga kesehatan mental yang baik. Ini juga terutama ketika menghadapi masalah.

Berbicara tentang perasaan kamu bukan tanda kelemahan. Itu adalah bagian dari mengendalikan kondisi dengan baik dan melakukan apa yang bisa dikerjakan untuk tetap sehat.

4. Istirahat yang Cukup

Perubahan suasana baik untuk kesehatan mental. Misalkan dengan memberikan jeda lima menit untuk membersihkan pekerjaan rumah, istirahat makan siang ketika di tempat kerja, atau libur menjelajahi tempat baru saat akhir pekan.

Berikan waktu untuk menghilangkan stres kamu. Beri diri dengan waktu me time atau waktu saya. Beristirahat juga bisa dilakukan dengan tidak melakukan banyak hal, menarik nafas dan rileks. Coba yoga dan meditasi.
 

Editor : Hilman Hilmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network