get app
inews
Aa Read Next : PKS Tanggapi Penolakan Gelora Soal Rencana Gabung Koalisi Prabowo

Ini Potret Peluang Para Kandidat Capres di Kancah Kontestasi Pilpres 2024, Versi Litbang Sin Po

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:04 WIB
header img
Ini Potret Peluang Para Kandidat Capres di Kancah Kontestasi Pilpres 2024, Versi Litbang Sin Po. (Sumber Foto : Litbang Sin Po)

BOGOR, iNews.id  - Pilpres 2024 sudah di depan mata. Lewat berbagai manuver sejumlah Partai Politik mulai sibuk mempersiapkan para kandidat calon presiden terbaik. Safari politik para Ketua Umum parpol peserta pemilu pun sejauh ini sudah menunjukkan potret peta koalisi.

Baru baru ini, silturrahmi politik dilakukan elit PKB dipimpin Ketua Umum Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subuanto menghasilkan kesepakatan koalisi dengan tagline Kebangkitan Indonesia Raya. Tak hanya sampai disitu, Prabowo pun bahkan sempat dikunjungi Walikota Solo yang juga putera Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming yang berkesempatan diajak menunggang kuda.

Jauh sebelumnya, juga ramai saling berbalas kunjungan politik antara Ketua Umum Parpol dalam rangka menjajaki koalisi, sebut saja Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) juga Koalisi Semut Merah.

Lalu, bagaimana sebenarnya peta pencapresan para kandidat yangakan berlaga di pilpres 2024 dan siapa yang paling memiliki peluang untuk mendapatkan tiket maju sebagai capres.

Litbang Sin Po merilis hasil survey terbaru guna memotret peluang sejumlah nama kandidat capres yang ramai dibicarakan publik. Nama tiga kandidat capres yang selalu bertengger di puncak teratas hasil survey antara lain Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Lewat hasil survei yang dilakukan Litbang Sin Po dalam rentang waktu 20 Mei 2022 – 3 Juni 2022, nama Prabowo Subianto ternyata memiliki elektabilitas paling tinggi menyalip capres-capres lain.

Kepala Peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus membeberkan sejumlah fakta mengapa Prabowo Subianto mengungguli nama nama kandidat capres lain. Menurutnya, ada dua variable penting yang bisa dijadikan patokan seorang kandidat capres memiliki kans besar dan memenuhi syarat untuk lolos Pilpres 2024 mendatang.

"Dua variabel penting yang menjadi patokan dasar. Variabel Pertama, secara elektabilitas. Variabel kedua, jika dilihat dalam permutasi threshold capres 20%," kata Syahrial Mayus.

Hasil survei Litbang Sin Po menunjukkan nama Prabowo Subianto memiliki elektabilitas sebesar 28,1%. Disusul Ganjar Pranowo (19,4%), Anies Baswedan (14,7%) Agus Harimurti Yudhoyono (5,9%), Ridwan Kamil (4,5%), Sandiaga S Uno (2,8%), Puan Maharani (2,5%), Muhaimin Iskandar (1,4%,) Susi Pudjiastuti (1,3%), Erick Tohir (0,8%), Yang menjawab tidak tahu dan tidak jawab/rahasia serta belum memutuskan (18,7%).

"Pengumpulan data survei ini dilakukan dalam rentang waktu 20 Mei 2022–3Juni 2022. Menggunakan metode multistage random sampling denganmargin of error plus minus 2,83% dan tingkat kepercayaan 95,0%. Adapun jumlah sample survei sebanyak 1.200 responden," tambahnya.

Sementara itu, Litbang Sin Po juga memotret fakta jika dilihat dalam permutasi threshold capres 20% terhadap komposisi kursi parpol-parpol di DPR RI (jumlahnya 9 parpol), maka pasangan capres-cawapres yang bisa muncul berkontestasi di pilpres 2024 diperkirakan ada 4 pasang Capres Cawapres.

Mayus memerinci lebih jauh, dari komposisi 4 pasang yang bisa terjadi ini, siapa paling berpeluang untuk mendapatkan tiket capres.

"Saat ini, setidaknya ada 10 nama yang muncul di publik yang akan menjadicalon presiden, diantaranya, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies RBaswedan, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Sandiaga S Uno,Puan Maharani, Erick Tohir,  Airlangga Hartarto dan Susi Pudjiastuti," kata Direktur Litbang Sin Po saat rilis media, Selasa (21/6/2022).

Dari 10 nama tersebut di atas, nama Prabowo Subianto memiliki peluang paling tinggi untuk bisa mendapatkan tiket capres. Karena, saat ini, Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra, hanya membutuhkan satu saja teman koalisi parpol yang bercokol di parlemen untuk bisa mendapatkan tiket capres, diluar PPP.

"Dengan pengalaman politik dan kemampuan Prabowo Subianto di kancah politik nasional, sepertinya ia tidak akan terlalu kesulitan untuk mencari satu teman koalisi," lanjutnya.

Dari analisis dua variable di atas, Litbang Sin Po menyimpulkan nama Prabowo Subianto saat ini merupakan capres yang paling memiliki peluang untuk mendapatkan tiket capres bahkan punya kans memenangi Pilpres 2024.

"Saat ini, Prabowo Subianto akan mudah lolos ke kursi Capres namun harus sabar menunggu, siapa nantinya yang akan menjadi kompetitor di Pilpres 2024 nanti," pungkasnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut