get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae- yong Optimis Skuad Garuda Muda Lolos Olimpiade Paris 2024

Kalah telak dari Vietnam, Ketum PSSI MInta Jadi Pelajaran Timnas Indonesia Hadapi Laga Pamungkas

Selasa, 08 Juni 2021 | 04:47 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (PSSI)

BogorRaya, iNews.id - Tren positif Tim Nasional (Timnas) Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tidak berlanjut. Setelah menahan imbang Thailand 2-2, Timnas Garuda menelan kekalahan telak 0-4 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Senin (7/6/2021) malam waktu setempat.

Meski kalah, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan tetap memberikan semangat kepada para pemain dan ofisial timnas Indonesia. Menurut dia, pemain telah berjuang namun Vietnam bermain lebih baik.

"Kekalahan ini harus dievaluasi oleh tim pelatih dan dijadikan pelajaran agar pada laga selanjutnya dapat meraih hasil positif. Pemain harus tetap fokus, disiplin dan bangkit di laga terakhir melawan Uni Emirat Arab nanti," ujar Iriawan di laman PSSI.

Pada laga lanjutan Grup G kontra Vietnam, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong merotasi tiga pemain yang sebelumnya menjadi starter saat melawan Thailand. Ketiganya adalah Egy Maulana, I Kadek Agung dan Witan Sulaeman yang tidak bermain sejak menit awal. Sebagai penggantinya, Shin menurunkan Yakob Sayuri, Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay.

Sementara delapan pemain lainnya tetap menjadi starter termasuk kiper Nadeo Argawinata dan empat pemain belakang yaitu Pratama Arhan, Arif Satria, Rizky Ridho dan Asnawi Mangkualam. Tiga nama lainnya kapten tim Evan Dimas, gelandang Syahrian Abimanyu dan penyerang Kushedya Yudo. 

Di babak pertama, Indonesia sulit keluar dari tekanan Vietnam dengan penguasaan bola lebih dari 70 persen. Namun meski mendomiansi permainan, Vietnam gagal mencetak gol. Babak pertama berahir dengan gol skor imbang tanpa gol. 

Vietnam akhirnya memecah kebutuan di babak kedua. Nguyen Tien Linh membuka keunggulan di menit ke-51. Nguyen Quang Hai kemudian menggankan keunggukan di menit ke-62 disusul gpl Nguyen Cong Phuong lima menit berselang. 

Masuknya Egy Maulana sebagai pemain pengganti di babak kedua tidak mampu menyelamatkan Indonesia dari kekalahan. Egy sempat mengancam gawang Vietnam namun bola tendangannya membentur mistar gawang. Di menit ke-74 Vietnam mencetak gol keempat lewat Vu Van Thanh. Skor 4-0 untuk Vietnam bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan kekalahan ini, Indonesia tidak berancak dari posisi terbawah Grup G dengan raihan 1 poin dari tujuh laga. Sementara tambahan 3 poin membuat Vietnam semakin kokoh di puncak klasemen dengan 14 poin dari enam laga.

Selanjutnya Timnas Indonesia akan menjalani laga pamungkas yang tidak kalah berat melawan Uni Emirat Arab pada Jumat (11/6/2021).

Susunan pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Arif Satria, Rizky Ridho Ramadhani, Asnawi Mangkualam, Yakob Sayuri (46', Egy Maulana), Rachmat Irianto (81', Kadek Agung), Syahrian Abimanyu (69', Saddam Gaffar), Osvaldo Haay (46', Osvaldo Haay), Evan Dimas (kapten), Kushedya Yudo (69', Muhammad Rafli).

Vietnam: Bui Tan Truong, Do Duy Manh (79', Nguyen Thanh Chung), Que Ngoc Hai (kapten), Bui Dung, Vu Van Thanh, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Tuan Anh (36', Luong Xuan Truong), Phan Van Duc (61', Nguyen Hoang Duc), Nguyen Van Toan (46', Nguyen Cong Phuong), Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh (79', Doan Van Hau).

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut