get app
inews
Aa Read Next : Politisi PPP Kota Bogor Akhmad Saeful Bakhri Siap Bertarung di Pilwakot 2024

Pemkot Bogor Dapat Hibah Aset Rp492 Miliar Hasil Buruan BLBI, Begini Pesan Mahfud MD

Jum'at, 26 November 2021 | 12:34 WIB
header img
Penerima hibah aset sitaan obligor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) diminta bergerak cepat memanfaatkan aset tersebut. Foto/Dok

JAKARTA, iNews.id -  Pemerintah menyerahkan aset sitaan obligor BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia) dengan total nilai Rp 492 miliar kepada penerima hibah yakni Pemkot Bogor dan 7 Kementerian/Lembaga. Penerima hibah aset sitaan obligor BLBI ini diminta untuk bergerak cepat memanfaatkan aset tersebut sehingga memberikan pemasukan bagi negara. 

"Tolong tanah itu segera digarap sesuai dengan tujuannya, jangan sampai terlantar lagi, seperti kata bu Menkeu (Sri Mulyani), dimiliki, tidak digarap, diserobot orang lagi," ucap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD dalam acara Serah Terima Aset BLBI Pemerintah kepada Penerima Hibah, Kamis (25/11/2021). 

Mahfud juga menambahkan, banyak kasus tanah milik negara yang berpindah tangan ke pihak perorangan karena terabaikan. Dirinya mencontohkan kasus yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Awalnya, terdapat tanah adat yang diserahkan ke negara. Tiba-tiba, kepemilikannya berubah menjadi perseorangan.

"Jadi ini kepala daerah dapat, BPN (Badan Pertanahan Nasional) dapat, padahal itu sudah ada aktanya milik negara. Hasilnya pengadilan mengatakan ini nggak bisa karena belum dibukukan dalam kekayaan negara, padahal sudah diserahkan. Jadi sebelum dibukukan dibagi-bagi sama kepala daerahnya," ujar Mahfud.

Oleh karenanya, Mahfud berpesan agar kasus serupa tidak terjadi. "Tolong segera digarap, dibangun. Kalau memang belum bisa dibangun, pembukuannya harus jelas," tegasnya.


 

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut