Logo Network
Network

Bojongkulur Juara 1 Lomba Wisata Desa se Kabupaten Bogor 

SM Said
.
Jum'at, 25 November 2022 | 16:04 WIB
Bojongkulur Juara 1 Lomba Wisata Desa se Kabupaten Bogor 
Desa Bojongkulur berhasil meraih Juara 1 Lomba Wisata Desa Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022. Foto Istimewa

CIBINONG, iNewsBogor.id- Di usianya yang masih belia, Desa Bojongkulur berhasil meraih Juara 1 Lomba Wisata Desa Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022. Diluncurkan pada 18 Juni 2022 , desa wisata yang terletak di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor (Jawa Barat) ini menyabet penghargaan untuk  Kategori Wisata Desa "Rintisan".


Desa Bojongkulur berhasil meraih Juara 1 Lomba Wisata Desa Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022. Foto Istimewa

Penghargaan diserahkan Sekda Kabupaten Bogor Burhanuddin kepada Kepala Desa Bojongkulur, Firman Riansyah, di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Kamis (24/11/2022).

Ketua Desa Wisata Bojongkulur, Puarman mengatakan, atas penghargaan itu pihaknya memperoleh hadiah sebesar Rp150 juta. Dana sebesar itu akan digunakan untuk program pengembangan Desa Wisata Bojongkulur.

"Atraksi wisata Susur Sungai Cikeas yang telah dirintis oleh Desa Wisata Bojongkulur akan dikembangkan lebih menarik lagi dengan menghadirkan wisata kuliner, budaya dan wisata buatan lainnya," jelas Puarman dalam pernyataan yang diterima iNewsBogor.id. 

Desa Wisata Bojongkulur juga manyuguhkan wisata susur Sungai Cikeas menggunakan perahu karet (river boat). Selain untuk sarana hiburan yang menyenangkan, wisata susur sungai ini sekaligus   sebagai sarana edukasi dan melatih ketahanan fisik wisatawan.

"Susur sungai merupakan kegiatan mengenal ekologi sungai dan karakteristik sungai," kata Puarman. Dia menambahkan bahwa kegiatan tersebut meliputi pengenalan arus air, komponen yang ada di sungai, lingkungan sekitar sungai serta badan sungai.

Aman dari banjir, arus sungai yang tenang dan aman, operator bersertifikat FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia), dan semua peserta dibekali APD (pelampung & helm) menjadi bagian dalam kegiatan susur sungai ini.

"Susur sungai merupakan hiburan yang menyenangkan.  Menikmati sensasi sungai Cikeas nan Asri. Sekaligus mengenal ekosistem Sungai Cikeas, mengetahui karakter sungai dan menumbuhkan cinta sungai," tandas Puarman mengenalkan manfaat susur sungai.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Bogor di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.