get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Road Show UKW PWI Jawa Barat di Kota Bogor, Wartawan Kompeten Capai 91 Persen Lulus

Kamis, 29 Desember 2022 | 09:51 WIB
header img
Peserta UKW PWI Jawa Barat berfioto bersama selepas ujian di Kota Bogor. Foto: iNewsBogor.id/Ifan JS

BOGOR, iNewsBogor.id – Kegiatan Road Show Uji Kompetensi Wartawan ( UKW) yang digelar PWI Jawa Barat di tahun 2022 yang digelar selama dua hari, yang dibuka Selasa 27 Desember 2022, akhirnya berakhir Rabu 28 Desember 2022. Dari 103 wartawan sebagai peserta UKW, dimulai jenjang Muda, Madya dan Utama, tim penguji menyatakan bahwa tingkat kelulusannya mencapai 91 persen dinyatakan berkompenten.

Road Show UKW PWI Jabar ini digelar sebagai wujud misi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang menargetkan 1.000 wartawan Di Jawa Barat jadi wartawan Berkompeten.

“Stigma Jabar sebagai Gudang HOAX terbantahkan, sebab wartawan di Jawa Barat semakin banyak yang dinyatakan berkompeten setelah mengkuti UKW ,” jelas Sekjen PWI Jawa Barat, Tantan ketika menutup kegiatan Road Show UKW PWI Jabar 2022 , Angkatan 53-54 -55, di Hotel Salak Heritage ,Kota Bogor, Rabu siang (28/12).

Bagi wartawan yang belum kompeten , menurutnya, bisa berkesempatan mengikuti UKW berikutnya. Setelah enam bulan kedepan.

“Jadikan UKW ini sebagai latihan dalam memahami tugas jurnalis terkait penulisan berita sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers No.40/1999. Begitu pula Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). Sedangkan bagi wartawan yang dinyatakan berkompeten dapat mampu mengimplementasikan dalam menjalan tugasnya sebagai jurnalis,” ujarnya.

Para peserta UKW dari Kota Bogor. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

Direktur UKW PWI Pusat, Radjab Ritonga mengapresiasi kegiatan road show UKW di Jabar yang bertekad mencetak para wartawan berkompeten. “Ini sangat bagus sekali, semua wartawan ikut serta UKW untuk menjadi kompeten,” ujarnya.

Radjab juga menjelaskan, apa itu UKW?. Jadi, kata Radjab, UKW itu seperti seseorang mengendarai sepeda motor, dimana ketika sudah bisa membawa sepeda motor maka dibutuhkan kelengkapan seperti memiliki SIM. “Jadi kalau pengendara memiliki motor lalu memiliko SIM, tapi masih saja melakukan pelanggaran, maka sama seperti wartawan sudah memiliki kartu UKW, apabila melakukan pelanggaran baik terhadap Kode Etik Jurnalis (KEJ) ataupun UU Pers nomor 40 tahun 1999, maka sama saja wartawan itu ditindak sesuai aturan. Bahkan kartu UKW nya juga bisa dicabut kembali,” tegasnya.

Radjab berharap, dengan sudah dinyatakan kompeten bagi wartawan yang lulus UKW, siapkan diri untuk menjadi lebih baik lagi pada posisi jabatannya. Untuk yang belum berkompeten jangan berkecil hati, masih ada kesempatan ikut kembali.

Sementara Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat, dalam acara pembukaan UKW PWI Jabar 2022, Selasa (27/12) menyatakan UKW merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas wartawan. Pasalnya Jabar memiliki penduduk yang banyak atau berpopulasi padat yang simetris dengan pertumbuhan media massanya juga.

“Media banyak, kalau wartawan atau konten kreatornya tidak terkualifikasi baik bagaimana dengan beritanya? Kami ingin jurnalis memenuhi masuk kaidah jurnalistik di Indonesia,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati yang menyatakan tidak semua pemerintah provinsi peduli dengan mewujudkan kompetensi wartawan di wilayahnya.


Peserta UKW Muda dari Kota Bogor. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

“Dengan adanya UKW ini tentunya kami di daerah lebih tenang karena wartawan-wartawannya kompeten, tersertifikasi sehingga kami tenang bermitra. Kami dukung upaya Jabar mencetak wartawan tersertifikasi,” kata Sekda Syarifah.

Adapun kesan dan pesan yang dilontar Wartawati, Sindy dari Harian Metropolitan yang mengukuti UKW Muda mengaku sangat terkesan dan bangga bisa mengukti seluruh rangkaian Uji materi UKW PWI Jabar 2022.

“Ini Langkah awal saya untuk senantiasa memahami Kode Etik Jurnalistik dalam menjalankan tugasnya sebagai jurnalis di Bogor,” ujar Sindi.

Sedangkan peserta lainnya, Pemred Harian Pikiran Rakyat, Satria yang pernah bertugas jadi wartawan di Bogor juga menilai UKW sebagai jenjang wartawan agar kompeten bersertifikasi sehingga mampu menjalankan tugasnya sebagai jurnalis secara profesional dengan mengedepankan sebuah kebenaran.

Untuk diketahui pada pelaksanaan UKW PWI Jabar di Kota Bogor itu dibuka secara resmi Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum. Diikuti 103 peserta untuk 3 katagori wartawan muda, madya, dan utama. Peserta wartawan muda mendominasi dengan 13 kelompok, disusul madya empat kelompok dan satu kategori tingkat utama dengan peserta 3 orang diantaranya, Syarif Hidayatullah dari Koran PAKAR, Hariyanto dari Hadenews, dan Satrya dari Pikiran Rakyat.

Kegiatan road show UKW merupakan kolaborasi kerjasama dari Diskominfo Jabar bekerja sama dengan PWI Jabar dengan target 1000 wartawan berkompeten.

Hadir pada acara penutupan Road Show UKW PWI Jabar 2022, Direktur UKW PWI Pusat Rajab Ritonga serta Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti dan Ketua PWI Kabupaten Bogor HM Subagio serta Ketua PWI Kota Sukabumi.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut