get app
inews
Aa Read Next : Top 10 Pemain Termahal Asia Tenggara: Timnas Indonesia Mendominasi

Ranking FIFA: Timnas Indonesia Terus Merangkak ke Peringkat 163

Kamis, 23 Desember 2021 | 09:21 WIB
header img
Laga piala AFF Indonesia Singapura. Foto. Indo

SINGAPURA.iNews.id Timnas Indonesia tidak sanggup melanjutkan tren kemenangan usai menang atas Malaysia di Piala AFF 2020. Itu setelah pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura, Rabu (22/12/2021) Skuad Garuda ternyata bermain imbang 1-1.

Gol Witan Sulaeman di babak pertama mampu dibalas striker andalan Singapura Ikhsan Fandi pada menit 70. Lantas, hasil imbang melawan Singapura hanya menghasilkan poin yang tidak begitu besar.

Timnas Indonesia hanya meraih poin +0.05 seusai meraih hasil imbang lawan Singapura. Namun hal ini tetap patut disyukuri lantaran bagi Singapura poin mereka justru berkurang -0.05 akibat hasil imbang melawan Indonesia yang secara peringkat FIFA di bawah mereka.

Dengan begitu, saat ini Indonesia sudah mengantongi poin FIFA sebesar 992.36 dari sebelumnya 992.31 usai membantai Malaysia dengan skor telak 4-1. Namun untuk peringkat, Indonesia saat ini masih tertahan di posisi 164.

Akan tetapi setidaknya berkat pagelaran Piala AFF 2020, Indonesia bisa memperbaiki peringkat dari sebelumnya 166 kini naik dua peringkat ke 164. 

Meski tidak signifikan, total poin yang didapat Timnas Indonesia untuk ranking FIFA selama tampil di Piala AFF terbilang lumayan. Timnas Indonesia meraih hasil positif pada empat laga babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

Skuad Garuda meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang yang menempatkan Timnas Indonesia keluar sebagai Juara Grup B di atas juara bertahan Vietnam. Bahkan tiga kemenangan yang diraih Timnas Indonesia atas lawan-lawannya berakhir dengan selisih gol minimal dua. 

Total Timnas Indonesia mendapat tambahan poin +8,29 dari empat laga penyisihan grup Piala AFF.  Jumlah itu akan bertambah jika Timnas Indonesia terus melaju hingga partai puncak bahkan berhasil meraih gelar juara Piala AFF 2020 untuk kali pertama dalam sejarah.

Timnas Indonesia membuka keran poin saat mengalahkan Kamboja dengan raihan +2.42 poin. Kemudian usai menghantam Laos, Skuad Garuda berhak atas poins sebesar +2,13. Lalu meskipun hanya imbang lawan Vietnam, Indonesia tetap mendapat poin tambahan yakni +1,01.

Kemenangan atas Malaysia akhir pekan lalu, merupakan laga dimana Indonesia mengais poin FIFA terbanyak yakni sebesar +2.73 poin. Dengan tambahan poin dari babak grup Piala AFF 2020, Indonesia saat ini sudah mengumpulkan total poin sebesar 992,31. 

Lebih lanjut, sejak bulan November hingga Desember 2021 Timnas Indonesia telah mendulang poin +11.13 dari koleksi sebelumnya yakni 981 poin. 

Saat ini posisi ke-163 ditempati oleh Republik Vanuatu dengan koleksi 995.62 poin. Meski berjarak 3.31 poin, namun apabila Tim Garuda mampu keluar sebagai juara Piala AFF 2020 posisi mereka akan kembali menggeser negara kepulauan di Samudra Pasifik tersebut.

Sebagai informasi, sejak 2016, Piala AFF memang mulai diakui sebagai turnamen dengan bobot pertandingan berstatus A Match. Artinya setiap pertandingan akan membuahkan poin yang berpengaruh pada peringkat satu negara di ranking FIFA. 

Meskipun jumlah poin yang didapat tidak sebesar jika meraih kemenangan pada pertandingan yang digelar di kalender FIFA Matchday, namun peluang ini jelas harus dimanfaatkan oleh Skuad Garuda yang kini melaju ke babak semifinal melawan Singapura.
 

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut