get app
inews
Aa Read Next : Politisi PPP Kota Bogor Akhmad Saeful Bakhri Siap Bertarung di Pilwakot 2024

Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran 2023, Ini yang Dilakukan Pihak Terminal Baranangsiang Bogor

Selasa, 28 Maret 2023 | 17:42 WIB
header img
Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran 2023, Ini yang Dilakukan Pihak Terminal Baranangsiang Bogor. (Foto : iNewsBogor.id/istimewa).

BOGOR, iNewsBogor.id - Jumlah penumpang yang berangkat dari terminal Baranangsiang Kota Bogor diperkirakan akan meningkat menjelang mudik Lebaran tahun 2023. Hal itu diungkapkan Moses Lieba Ary, Kepala Terminal Baranangsiang Kota Bogor.

Dia memprediksi pada Lebaran tahun ini jumlah penumpang akan meningkat 20-30% dibandingkan biasanya.

“Bisa bertambah 500 penumpang per hari. Bahkan bisa menyentuh 3000 orang,” ujarnya Senin (27/3/23).

Terminal Baranangsiang memang menjadi salah satu terminal tersibuk di Jabodetabek. Di hari biasa terminal ini dapat melayani 1500 hingga 2000 penumpang.

Lonjakan calon penumpang sendiri terjadi karena berkurangnya pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah. Hal itu juga berkaca dari momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akhir tahun kemarin.

“Biasanya mulai ramai H-10 Lebaran saat cuti bersama dimulai, atau saat Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan sudah turun,” jelas Moses.

Terkait daerah tujuan para pemudik, keberangkatan di Terminal Baranangsiang didominasi Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) wilayah Jawa Barat dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) ke Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Pulau Sumatera seperti ke Padang.

Untuk menghadapi hal tersebut, pihaknya akan menggelar berbagai persiapan sejak jauh hari. Di antaranya yakni pemeriksaan ramp check komprehensif setiap hari dan pemeriksaan kesehatan pada supir.

Pihaknya akan menggandeng Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan untuk melalukan pemeriksaan kesehatan kepada para sopir bus pada H-14 hari lebaran.

“Dua minggu sebelum lebaran kami bersama Dinas Perhubungan, Dinkes, TNI, Polri akan turun berjaga dan memeriksa kesehatan sopir sebelum berangkat. Untuk memastikan mereka dalam kondisi prima,” terangnya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut