get app
inews
Aa Read Next : Kadispora Kabupaten Bogor Asnan AP Minta Prestasi Atlet Karate PPOPM Dorong Motivasi Cabor Lain

2 Kali Ambrol Tembok Penahan Tanah SDN 03 Nagrak Gunung Putri Perlu Penanganan Khusus   

Sabtu, 01 Juli 2023 | 12:04 WIB
header img
Tembok Penahan Tanah di SDN 03 Nagrak Gunung Putri, Kabupaten Bogor kembali ambrol. Foto Warga RT 04/ RW 09 bekerja bakti memperbaiki tembok penahan tanah yang ambrol, Sabtu (1/7/2023)/iNews.id

GUNUNGPUTRI, iNewsBogor.id - Tembok Penahan Tanah (TPT) di SD Negeri 03 Nagrak yang terletak di Jalan KS Tubun 3 RT 04/RW09 Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor kembali ambrol Selasa 27 Juni 2023 lalu. Sebelumnya tembok penahan tanah tersebut ambrol pada 28 Februari 2023 lalu. Ambrolnya tembok penahan tanah sekitar kurang lebih 15 meter lebih tersebut perlu segera ditangani secara khusus karena berdampak terhadap bangunan di atas dan di sekitarnya apalagi para siswa SDN 03 sering kali bermain di sekitar lokasi ambrolnya tembok tersebut. 

Oleh pihak RT 04 RW 09 Nagrak langsung diantisipasi dengan membuat penahan dari bambu. Namun karena hujan deras yang terus mengguyur wilayah Gunung Putri akhirnya TPT yang terletak disebelah Mushola Rohmatul Ummah kembali ambrol.

Ketua RT 04/09 Herry Vallego mengatakan, pengurus RT 04/RW 09 dan warga setempat telah berupaya untuk melakukan antisipasi dengan membuat penahan dari bambu saat longsor atau ambrolnya TPT pada 28 Februari lalu namun karena hujan deras terus menerus tembok tersebut kembali ambrol. 

"Waktu itu kita langsung adakan kerja bakti bersama warga untuk membuat penahan bambu. Alhamdulilah hari ini pun kita lakukan kerja bakti untuk membersihkan bekas-bekas dinding yang ambrol yang menutupi saluran air di bawahnya. Untuk sementara dinding yang ambrol kita tutupi terpal agar tidak terjadi longsor susulan lagi," kata Herry Vallego, Sabtu (1/7/2023).    

Menurutnya warga berharap ada bantuan dari pihak sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor maupun Pemerintah Desa Nagrak terkait penanganan ambrolnya TPT tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Juanda Dimansyah mengatakan, pihaknya akan mengutus tim untuk mengecek ambrolnya tembok penahan tanah tersebut.

"Terima kasih atas informasinya Diknas Kabupaten Bogor akan mengirimkan tim untuk mengecek ambrolnya tembok penahan tanah tersebut. Insya Allah tim kita akan datang ke SDN 03 Nagrak, Senin, 3 Juli 2023," kata Juanda saat dihubungi via Ponselnya, Sabtu (1/7/2023).

Juanda menegaskan, setelah ada rekomendasi dari tim mungkin bisa diajukan dana di anggaran perubahan TA 2023. "Ya semua tergantung dari rekomendasi tim yang akan mengecek pada Senin 3 Juli 2023," timpal Juanda.   

Sedangkan Kepala Sekolah SDN 03 Nagrak Suratmin mengaku, pihaknya telah melaporkan ambrolnya TPT tersebut ke bagian Seksi Sapras di Diknas Kabupaten Bogor.

"Ya saya telah melaporkan perihal amrbrolnya ke atasan saya. Perlu waktu pak untuk laporan saya sampai ke Plt Bupati dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor," kilah Suratmin saat dihubungi iNews.di

Suratmin juga berterima kasih kepada Ketua RT 04 RW 09 dan warga yang telah berswadaya untuk memperbaiki ambrolnya TPT tersebut.  

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut