get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Puncak Acara Festival Merah Putih Berakhir Meriah di Lanud Atang Sandjaja Bogor

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 22:47 WIB
header img
Kemeriahan Open Base Lanud Atang Sandjaja, Festival Merah Putih. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Open Base Lanud Atang Sendjaja menjadi puncak acara Festival Merah Putih (FMP) yang digelar satu bulan penuh selama bulan Agustus dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Puncak FMP diselenggarakan di Shelter Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, pada Sabtu (26/8/2023) pagi.

Berbagai acara menarik disuguhkan kepada ratusan warga yang datang menyaksikan beragam atraksi. Turut hadir dalam acara ini, sejumlah pimpinan Forkompimda diantaranya Wali Kota Bogor, Wakil Wali Kota Bogor, dan Kapolresta Bogor Kota.

Kemeriahan Open Base dalam closing ceremony Festival Merah Putih menampilkan beragam acara hiburan seperti atraksi paramotor, atraksi trike, atraksi terjun payung membawa bendera Merah Putih panjang oleh atlet Federasi Aero Sport Indonesia Daerah Bogor (Fasida Bogor), kolosal Merah Putih, tarian nusantara, static show pesawat Helikopter TNI AU yang dioperasionalkan Lanud Atang Sendjaja.

Kemudian penampilan drum band dari Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan (SMKP) Angkasa dan dari Universitas Pertahanan (Unhan) serta pertunjukan tari medley daerah Harmony Nusantara oleh wanita TNI Angkatan Udara Bogor.

Selain itu juga ada bazar dan static show berupa pameran alutsista Helikopter TNI AU, pameran kendaraan taktis (rantis) milik Kopassus, Kopasgat dan Resimen II Paspelopor Brimob.

Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsekal Pertama TNI M. Taufiq Arasj menyampaikan, apresiasi kepada panitia Festival Merah Putih dan juga seluruh instansi serta masyarakat Bogor, atas prestasi gemilangnya dalam membangkitkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme di tengah hiruk pikuk gelombang modernisasi.

"Semoga keterikatan batin kita akan "Cinta Indonesia" tetap terus menggelora sepanjang hayat," kata Danlanud M. Taufiq.

Danlanud melanjutkan, sebagai bagian dari kepanitiaan Festival Merah Putih 2023, Lanud Atang Sendjaja juga turut berpartisipasi menggelar serangkaian kegiatan kolaborasi cinta nasionalisme dan cinta dirgantara yang di kemas dalam kebersamaan, persatuan dan kesatuan seluruh stake holder serta masyarakat. Semua yang ditampilkan semata mata demi sinergitas, persatuan dan kesatuan untuk meningkatkan semangat kebangsaan yang tinggi kepada masyarakat yang menyaksikan.

"Sinergitas selaku anak bangsa harus tetap kuat dalam melindungi untaian kalimat sakral "Bhinneka Tunggal Ika" yang bermakna berbeda-beda tapi tetap satu. Tidak ada satupun kekuatan yang mampu mengganggu ketentraman pertiwi ini, jikalau kita selalu bersatu padu dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, mari kita berikan pengabdian terbaik untuk negeri tercinta ini. Siapa lagi yang mencintai negeri ini, kalau bukan kita rakyat Indonesia," ucapnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Umum FMP 2023, Benyamin Mbo’oh mengatakan, tujuan diselenggarakan Open Base salah satunya adalah untuk memperkenalkan sekaligus menumbuhkembangkan cinta kedirgantaraan kepada masyarakat, sehingga terujud rasa saling memiliki dan saling bersinergi terhadap aktivitas yang dilaksanakan Lanud Atang Sendjaja dalam rangka pelaksanaan tugas pokok.

Selain itu, juga untuk menarik minat generasi penerus menjadi prajurit TNI AU. Festival Merah Putih 2023 yang dimulai sejak tanggal 31 Juli 2023 sampai 31 Agustus 2023, dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar, serta mendapat sambutan hangat dari masyarakat, stake holder dan pemerhati kebangsaan lainnya.

"Begitu spektakulernya rangkaian kegiatan dan perlombaan yang digelar Festival Merah Putih 2023, maka tidak ragu tema "Dari Bogor Untuk Indonesia" memang tepat digunakan karena mempunyai nilai kebangsaan tinggi dalam merajut kebersamaan, cinta tanah air, dan juga tentunya cinta Indonesia Raya," kata pria yang akrab dipanggil Ben ini.

Ben menjelaskan, seluruh rangkaian kegiatan Festival Merah Putih yang telah digelar yakni prosesi penaikan dan penurunan bendera Merah Putih di Tugu Kujang setiap hari pada pagi dan sore hari yang dilakukan 25 sekolah negeri, swasta, pesantren, pramuka, Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Instansi Pemda maupun Wanita Angkatan Udara (Wara) Lanud Atang Sendjaja.

Kegiatan kirab Merah Putih yang mengusung bendera Merah Putih sepanjang 100 meter dengan melibatkan unsur TNI, Polri, pelajar, dan 500 masyarakat, serta diikuti lebih 2000 peserta, termasuk Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil, Walikota Bogor Bapak Bima Arya Sugiarto, beserta unsur muspika Bogor.

Festival Merah Putih telah menyelenggarakan kegiatan donor darah di Mall Botani Square yang diikuti unsur TNI, Polri, Pemkot Bogor, dan masyarakat pada tanggal 5 Agustus 2023. Pada tanggal 16 sampai 18 Agustus lalu, panitia Festival Merah Putih menyelenggarakan art speak justice, Bogor Creative Center, dan festival pencak silat se-Jawa Barat, yang berlangsung di Blok F Pasar Pakuan Jaya.

"Rangkaian perlombaan dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-78 RI juga telah dilaksanakan seperti perlombaan bulu tangkis Merah Putih Open di GOR KayP1 tanggal 18 sampai 23 Agustus 2023, perlombaan peragaan busana di Mall Botani Square tanggal 19 Agustus 2023, dan juga Perlombaan Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Merah Putih tanggal 19 Agustus 2023 di Alun-alun Kota Bogor," bebernya.

"Festival Merah Putih juga telah menyuguhkan kegiatan wisata kebangsaan ke Museum Kepresidenan Balai Kirti tanggal 21 sampai 24 Agustus 2023, Komunitas Difabel Berkarya tanggal 22 Agustus 2023. Merah Putih Fair tanggal 25 Agustus 2023 di Mal BTM Bogor yang berisi kegiatan kuliner, musik dan busana nusantara. Kemudian di tanggal 26 Agustus dilaksanakan Kuis Kebangsaan di Taman Ekspresi Pasa, dan terkahir hari ini, penutupan Perlombaan LKBB Merah Putih piala Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI M. Taufiq Arasj, sekaligus closing ceremony," tambahnya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut