get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Fenomena Aksi ‘Rojali’ di Bogor, 6 Jiwa Melayang  

Kamis, 27 Januari 2022 | 12:35 WIB
header img
Aksi Rojali membahayakan jiwa. Foto: Ifan

BOGOR - Maraknya aksi kelompok remaja atau kerap disebut 'rojali' yang menyetop truk secara paksa di Kota Bogor kian marak. Tak ayal, aksi yang sangat menimbulkan bahaya dan mengancam keselamatan tersebut telah banyak yang mengalami luka-luka bahkan merenggut jiwa bagi sang pelanggar.

Kasat Lantas Poresta Bogor Kota Kompol Galih Apria  atas perintah Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro melakukan  upaya  dan langkah-langkah pencegahan dengan berkolaborasi bersama  Kasat Sabhara, Kasat Binmas dàn Para Kapolsek untuk melakukan langkah yang tepat yaitu menyambangi tokoh agama, tokoh  masyarakat dan para pengurus sekolah yang ada di kota Bogor untuk sama-sama  berpartisipasi membantu  mensosialisasikan tentang bahaya aksi rojali dan selain itu  membagikan selebaran hastag #stop_rojali, Rabu(26/1).

Kompol Galih Apri menegaskan bahwa  dalam kurun waktu 2 tahun terakhir (2020-2021) ada enam orang meninggal dunia, dua orang mengalami luka berat dan tiga orang luka ringan terkait aksi berbahaya tersebut.

"Diharapkan, dengan menyambangi tokoh agama, tokoh masyatakat dan para pengurus sekolah ini, bisa terampaikan kepada para  orangtua untuk lebih mengawasi anak-anak mereka agar tidak ikut atau terlibat dalam aksi berbahaya tersebut. Termasuk meminta para pengemudi truk untuk tidak memberikan tumpangan karena berisiko menimbulkan kecelakaan lalu lintas," ujar Kompol Galih.

Dengan berdalih ikut pengajian para “rojali” ini kerap mengecoh orang tua atau keluarga  demi ikut aksi. “Mereka biasanya membuat konten-konten untuk diunggah ke media sosial dengan mempertaruhkan nyawa memberhentikan truk yang sedang melaju kencang secara mendadak dan paksa," jelasnya.
 

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut