get app
inews
Aa Read Next : MUI Pusat Beri Dukungan Aksi Gerbang Pronas dan YKMI Boikot Produk Israel

Pemuka Agama Minta Media Tidak Tayangkan Gaya Hidup Hedon Para Pesohor

Selasa, 09 Januari 2024 | 22:49 WIB
header img
Pemuka Agama Minta Media Tidak Tayangkan Gaya Hidup Hedon Para Pesohor. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Gaya hidup hedon kerap dipertontonkan sejumlah tokoh publik. Selebriti tajir, pengacara papan atas, keluarga pejabat, hingga pengusaha. Pengacara kondang sekaliber Hotman Paris salah satu yang dikenal dengan penampilannya yang nyentrik dan glamor. Media sebaiknya tidak vulgar mempertontonkan tayangan yang berdampak buruk pada perilaku publik.

Gaya hidup hedon tentu sangat bertolak belakang dengan budaya ketimuran seperti masyarakat Indonesia yang menjunjung etika dan moral. Masyarakat yang hidup sederhana dan tidak menampilkan kemewahan di depan publik. Sejumlah pemuka agama menyoroti gaya hidup hedon ini. Mereka menilai tren itu berdampak negatif bagi kehidupan sosial masyarakat.

Pemuka agama Romo Benny Susetyo mengatakan gaya hidup hedon sesungguhnya justru menunjukkan pelakunya tidak memiliki rasa percaya diri. “Memamerkan kekayaan menunjukkan tidak memiliki kepercayaan diri. Sebenarnya tidak perlu dan tidak bijaksana. Itu tidak elok!,” tandas Romo Benny kepada media.

Menurut Romo, memamerkan kekayaan justru akan mengundang tindak pencurian. Menjadi sasaran pelaku kejahatan.

Dikatakan Romo, yang lebih penting dilakukan orang kaya adalah memberikan sesuatu kepada rakyat kecil, bukan hanya sekadar pamer. Romo menyarankan pada media agar tidak membantu dan menyebarkan perilaku buruk para pesohor yang bergaya glamor dengan kekayaannya. Hal tersebut dikhawatirkan berpotensi dijadikan contoh oleh masyarakat yang menontonnya.

Lebih lanjut, menurutnya gaya hidup hedon yang dipertontonkan kepada publik seperti itu tidak memberikan edukasi dan tidak perlu dicontoh. "Orang seperti itu kan tidak punya kesadaran, tidak perlu dicontoh, tidak perlu pamer harta, seharusnya ditunjukkan dengan (adanya) karya," katanya, Jumat (5/1/2024).

Senada, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan mengaku prihatin terhadap gaya tokoh publik yang justru menampilkan gaya hidup mewah, di tengah-tengah umat yang membutuhkan bantuan. Pengacara papan atas, selebriti dan pengusaha, sebaiknya tidak mempertontonkan gaya hidup glamor.

"Prihatin di tengah kondisi bangsa yang seharusnya menunjukkan hidup sederhana dan bisa berbagi, justru memamerkan hidup mewah," ucap Amirsyah, Rabu (6/12/2024).

Lebih memprihatinkan lagi, kata Amirsyah, sejumlah tokoh publik seringkali mengunjungi bar, diskotik, dan night club untuk bersenang-senang. Mereka tampilkan gaya hidup itu lewat media sosial.

Menurut Amirsyah, sebaiknya tempat-tempat seperti itu ditutup agar mencegah kerusakan moral bangsa. "Dampaknya lebih negatif maka harus dicegah dengan ungkapan Dar'ul Mafasid Muqaddamun 'ala Jalbi Masholih artinya mencegah kerusakan lebih utama daripada mengambil kemaslahatan," kata Amisyah.

Selain itu, Kyai Amirsyah menyarankan agar tokoh publik segera bertobat meninggalkan gaya hidup hedon dan lebih peduli kepada sesama. "Perlu gerakan bersama untuk menciptakan kesadaran hidup berbagi agar peduli sesama. Kesalehan pribadi untuk kesalehan sosial guna mengakhiri gaya hidup hedon," pungkasnya.

Advokat: Gaya Hidup Hedon Pengacara Kondang Jangan Ditiru

Gaya hidup glamour para pengacara papan atas negeri ini mendapat sorotan publik. Hotman Paris termasuk salah satu pengacara kondang yang kerap mendapatkan peliputan media karena gaya hidupnya.

Hotman dikenal memiliki jutaan follower di media sosialnya. Lewat media sosial, ia pun kerap menunjukkan gaya hidup mewahnya.

Pengacara muda Ronald Balderima menilai, gaya hidup glamour pengacara kondang Hotman Paris merupakan keberkahan yang didapat setelah perjuangan panjang meniti karir sebagai pengacara profesional.

"Kalau dibaca-baca dan diperhatikan memang Hotman Paris pantas dan berhak mendapatkan segala yang diinginkan para lawyer muda," kata Ronald yang juga advokat anggota Peradi ini kepada media, Sabtu (24/12/2023).

Menurut Ronald, publisitas kebermanfaatan untuk masyarakat tidak mampu, maupun mendampingi klien-klien elit, adalah hasil kerja keras Hotman Paris selama ini.

Ditanya soal layakkah gaya hidup glamour Hotman ditiru masyarakat dan pengacara, dikatakan Ronald, ini dikembalikan kepada kecenderungan pribadi para lawyer muda tersebut, serta masyarakat yang menilainya.

Menurutnya, kalau belum sukses tentu jangan ditiru gaya hidup seperti itu, nanti malah berantakan karirnya. Banyak juga para lawyer senior lain yang tidak gemar publisitas. Namun tetap memberikan manfaat bagi masyarakat. "Saya pikir banyak Lawyer senior lain yang tidak gemar publisitas namun tetap memberikan mamfaat kepada masyarakat serta tentu tetap dapat mendampingi klien-klien berpengaruh di negeri ini," pungkasnya.

Hotman Paris termasuk pengacara yang aktif di sosial media. Bahkan akun Instagram resminya memiliki tidak kurang dari 8,3 juta follower. Di akun Instagram nya beragam konten diunggah. Sebut saja kegiatan sebagai pengacara, kegiatan di persidangan, kegiatan membela warga kurang mampu di kedai kopi Joni, hingga kegiatan glamour di night club, yang menjadi salah satu bisnis Hotman.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari Hotman Paris terkait kritik gaya hidup hedon oleh para pemuka agama.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut