get app
inews
Aa Read Next : Kadispora Kabupaten Bogor Asnan AP Minta Prestasi Atlet Karate PPOPM Dorong Motivasi Cabor Lain

Workshop Fotografi iNews Flash di SMKN 1 Gunungsindur, Siswa Antusias Ikuti Praktik Fotografer

Rabu, 28 Februari 2024 | 20:45 WIB
header img
Siswa-siswi SMK Negeri 1 Gunungsindur, Kabupaten Bogor antusias memenuhi area aula sekolah untuk mengikuti workshop fotografi bertajuk ‘Explore Your Passion in Photography’ dari program iNews Flash. Foto: Wiwie Heryani

GUNUNGSINDUR, iNewsBogor.id - Siswa-siswi SMK Negeri 1 Gunungsindur, Kabupaten Bogor antusias memenuhi area aula sekolah untuk mengikuti workshop fotografi bertajuk ‘Explore Your Passion in Photography’ dari program iNews Flash, yang diselenggarakan oleh portal berita iNews.id, pada Rabu, 28 Februari 2024.

Antusias sangat tampak terlihat terutama, siswa-siswi dari jurusan broadcasting dan perfilman yang baru terbentuk 2 tahun lalu di sekolah tersebut.

Mereka kemudian mulai serius mendengarkan pemaparan dari Kepala Fotografer iNews.id, Yudistiro Pranoto, yang menjadi salah satu narasumber di workshop tersebut.

Yudistiro tidak banyak memberikan teori di hadapan siswa-siswi yang tampak rapi dengan seragam hitamnya itu.Namun, fotografer yang sudah memiliki pengalaman yang cukup itu sukses membuat siswa-siswi tersebut terkesima dan antusias mendengar pengalaman serunya selama berkiprah menjadi seorang fotografer jurnalistik.

Tak hanya memaparkan soal ilmu-ilmu dasar hingga kaidah dalam dunia fotografi jurnalistik, Yudistiro juga memberikan suntikan motivasi kepada siswa tersebut agar tidak pernah puas untuk belajar dan menggali ilmu.

Yudistiro menyebutkan, ilmu fotografi tidak hanya bisa diterapkan di dunia media massa atau penyiaran saja. Pasalnya, ia menilai, segala bidang juga membutuhkan keahlian fotografi, misalnya saat berbisnis atau di bidang UMKM sekalipun.

“Sebenarnya fotografi jurnalistik itu tidak hanya berguna di media massa saja. Jurnalistik itu terkait dengan kehidupan kita sehari-hari. Jika kalian sudah menguasai foto, video, naskah, editing, itu kalian sudah memiliki modal,” ujar Yudistiro di hadapan siswa-siswi.

 

“Misalnya kalian berdagang, jika kalian berdagang tanpa dasar fotografi atau video, terutama sekarang yang lebih mengedepankan video dalam algoritma e-commerce, maka sering-seringlah berimprovisasi,” lanjutnya.

Sebagai informasi, portal berita iNews.id melalui program iNews Flash menggelar workshop fotografi di SMKN 1 Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, pada Rabu, 28 Februari 2024 dengan tema ‘Explore Your Passion in Photography’.

Workshop ini tidak hanya dimaksudkan untuk menambah pengetahuan tentang seluk-beluk fotografi, tetapi juga sebagai medium bagi siswa untuk mengasah kemampuan di bidang multimedia.

Apalagi, memotret bukan sekadar menghasilkan foto. Begitu pula foto tidak hanya sekadar gambar. Dalam sebuah foto terdapat kisah, nilai-nilai, dan perjuangan.

Itulah yang mendasari workshop fotografi iNews.id ini tidak hanya sebagai ajang berbagi, namun juga bagian dari peran memacu anak-anak muda agar kreatif, inovatif, dan produktif.

Workshop tersebut dibuka dengan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri dan Masyarakat SMK Negeri 1 Gunungsindur, Aryu Apendi ST.

Workshop tersebut juga semakin interaktif dengan adanya kegiatan hunting foto yang dilakukan para siswa di sekitar lingkungan sekolah.

Hasil foto tersebut kemudian dinilai dan dievaluasi langsung oleh Yudistiro Pranoto. Ia juga memilih 4 foto terbaik yang diambil siswa-siswa tersebut sesuai dengan kriteria dan kaidah fotografi jurnalistik yang memenuhi standar.

Workshop kemudian diakhiri dengan pemberian plakat dari pihak SMKN 1 Gunungsindur kepada tim iNews.id.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut