get app
inews
Aa Read Next : Aksi Terpuji Personel Polsek Parungpanjang Atensi Anak Kurang Gizi

Peraih Emas Asean Para Games 2022, Ahmad Azwari Pimpin SOIna Kabupaten Bogor

Rabu, 01 Mei 2024 | 21:42 WIB
header img
Peraih Emas Asean Para Games 2022, Ahmad Azwari Pimpin SOIna Kabupaten Bogor. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - Peraih medali emas nomor 50 meter gaya kupu kupu putra pada Asean Para Games 2022, Ahmad Azwari ditetapkan sebagai Ketua Special Olympics Indonesia ( SOIna) Kabupaten Bogor periode 2024 -2028 atau menjadi Ketua Umum SOIna Kabupaten Bogor yang pertama.

Sebelum ditetapkan sebagai Ketua SOina Kabupaten Bogor, Ahmad Azwari dikenal sebagai atlet Para Renang Kabupaten Bogor yang sering meraih prestasi emas pada ajang Asean Para Games ( APG), Peparnas dan Peparda.

Saat ini, Ahmad Azwari tercatat sebagai perintis SOIna Kabupaten Bogor dan bersinergi dengan para pengurus NPCI Kabupaten Bogor dalam membentuk SOina di Bumi Tegar Beriman.

Ahmad Azwari termasuk atlet senior Para Renang yang selalu mendulang medali emas bagi NPCI Kabupaten Bogor dan juga NPCI Jawa Barat pada event Peparda dan Peparnas.

SOIna, kata Ary panggilan akrab Ahmad Azwari merupakan salah satu lembaga olahraga disabilitas bagi penyandang Tuna Grahita.

"Kepengurusan SOina sudah ada dari mulai kepengurusan Pusat, kepengurusan Propinsi dan kepengurusan Kota dan Kabupaten se Indonesia," tegas pria asal Kartasuro, Sukoharjo, Jawa Tengah Ini, Rabu, 1 Mei 2024.

Bahkan, tambah Ary, event olahraga SOIna juga sama seperti yang dilakukan oleh NPCI atau KONI berjenjang.dari tingkat Propinsi seperti Porda, Peparda, PON, Peparnas, Sea Games, Asean Para Games dll .

"Event yang ada di SOIna tak beda jauh dengan yang dilakukan NPCI dan KONI selama ini. SOIna juga sudah diakui secara resmi oleh Pemerintah Pusat dan Kemenpora sejak lama. Kalau dibeberapa daerah lain sudah ada kepengurusan SOIna dari tingkat Kota / Kabupaten sampai tingkat Propinsi," ucap Ary.

Beberapa event yang ada di SOIna diantaranya PeSOda ( Pekan Special Olympics Daerah) PeSOnas ( Pekan Special Olyimpics Nasional) SOWG ( Special Olyimpics World Games) dan Summer Games.

Ary melanjutkan, kepengurusan SOIna Kabupaten Bogor ini kolaborasi dengan NPCI dan juga melibatkan ASN yang ada di Kabupaten Bogor.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Ketua NPCI Kabupaten Bogor, M Misbach dan jajarannya yang sangat mendukung berdirinya SOIna Kabupaten Bogor," ucap Ary.

Ary menambahkan sebelum SOIna Kabupaten Bogor melakukan Audiensi secara resmi dengan Stakholder yang ada maka ia juga sudah melakukan koordinasi informal dengan beberapa Stakholder yang ada di Kabupaten Bogor.

"Alhamdulilah hampir semua Stakholder di Pemkab Bogor sangat mendukung berdirinya SOIna Kabupaten Bogor." paparnya.

Insya Allah, kata Ary, dalam waktu dekat ini jajaran pengurus SOIna Kabupaten Bogor akan melakukan Audiensi dengan Dispora, Dinsos dan Ketua DPRD Kabupaten Bogor. 

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut