get app
inews
Aa Read Next : Ketua DPRD Kota Bogor Usulkan Pemindahan 451 di TPS Rawan Bencana

Banjir Tanah Bumbu Rendam Rumah dan Sawah, 207 Warga Bertahan di Pengungsian

Sabtu, 15 Mei 2021 | 09:26 WIB
header img
Evakuasi warga terdampak banjir di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Jumat (14/5). (BPBD Kabupaten Tanah Bumbu)

BogorRaya, iNews.id Banjir merendam 2.216 unit rumah warga Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (13/5/2021). Pada Jumat (14/5/2021), Ketinggian menjadi 10-20 cm dari sebelumnya 1-1,5 m. Selain permukiman, banjir juga merendam 55 hektare sawah siap panen milik warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu melaporkan hingga Jumat siang pukul 12.30 WIB, sebanyak 207 warga yang rumahnya terdampak banjir masih bertahan di dua titik pengungsian. Selain SMPN 4 Satui di Desa Sinar Bulan, satu titik pengungsian lainnya berada di Gedung Majelis Ta'lim di Desa Sungai Danau.

Menurut laman BNPB, BPBD Kabupaten Tanah Bumbu telah memperbaharui informasi lokasi terdampak banjir. Selain Desa Sinar Bulan, lima desa lainnya juga terdampak banjir yaitu Desa Satu Barat, Jombang, Satui Timur, Sungai Danau, dan Sejahtera Mulia. 

Berkoordinasi dengan instansi terkait dan tim gabungan, BPBD Kabupaten Tanah Bumbu melakukan evakuasi dan mendistribusikan bantuan kepada korban di pengungsian maupun yang masih bertahan di rumah. 

Kebutuhan mendesak saat ini adalah peralatan evakuasi seperti perahu karet serta kebutuhan di pengungsian seperti tikar, tenda, selimut dan family kit.

Sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi membuat debit air Sungai Satui meluap pada Kamis pagi (13/5/2021), pukul 06.00 WITA. BNPB mengimbau setiap warga untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi bencana, khususnya banjir, banjir bandang dan tanah longsor dikarenakan bahaya bencana hidrometeorologi masih berpotensi terjadi di tengah masyarakat.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut