get app
inews
Aa Read Next : Tragedi Kecelakaan Beruntun di Jalan Raya Puncak, 14 Korban Luka Tercatat

Keindahan Alam dan Pesona Caimandala Asmarandana Jadi Pilihan Berwisata Saat Libur Lebaran

Sabtu, 30 April 2022 | 15:04 WIB
header img
Destinasi wisata caimandala asmarandana di kawasan puncak Bogor. Foto: istimewa

BOGOR, iNews.id - Bogor kota hujan dengan beribu keindahan, Kota yang berhawa sejuk ini telah berkembang menjadi kawasan wisata dengan sederet pesona alam. Bukan cuma kawasan Puncaknya yang layak dikunjungi, masih ada puluhan tempat wisata Bogor lainnya yang tak kalah menarik.

Caimandala Asmarandana merupakan salah satu destinasi yang kerap dikunjungi para wisatawan yang melancong ke wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan menjadi rekomendasi saat libur lebaran nanti. 

Berlokasi di Desa Batu Layang, wisata ini menyajikan panorama rumah kayu keindahan Kabupaten Bogor dari atas bukit yang sekelilingnya diselimuti hutan pinus nan rindang dekat air terjun. 

Salah seorang pengunjung asal Bekasi, Rahmawati (32 tahun) mengungkapkan, sengaja datang ke lokasi ini jauh-jauh hari untuk memesan pada tanggal di waktu libur lebaran.

"Ya kami pergi liburan nanti sama keluarga besar. Lihat di internet lokasi pemandangan dan suasana dekat air terjun, saya langsung booking," ujarnya. 

Iman Pengelola obyek wisata Asmarandana-Caimandala mengatakan, lokasi ini sengaja mempertahankan keasrian alam dan kearifan lokal. Bahkan tidak mengubah dinding tebing yang sudah dihiasi air terjun atau curug secara alami. 

"Kami biarkan kebun bunga pakis di lokasi ini yang semakin memanjakan mata para wisatawan. Kami sengaja mempertahankan hutan ini, agar pengunjung nyaman," katanya. 

Diketahui, obyek wisata Asmarandana tersebut berada di kawasan hutan lindung milik Perhutani.

Tidak hanya itu, di lokasi ini terdapat penginapan rumah kayu. Di sini wisatawan bisa juga memanen sayur seperti kol, wortel dan tomat. Di samping itu, yang menjadi unggulan di sini terdapat perkebunan kopi. 

Kampung Batu Layang ini masih masuk ke dalam kawasan hutan lindung Gunung Karang. Tak heran di sekitar kampung masih banyak ditumbuhi pepohonan dan aneka bunga yang membuat pesona kampung semakin menakjubkan. 

Iman menambahkan bagi para pengunjung bisa melihat matahari terbenam maupun saat matahari akan terbit.  

"Di sini wisatawan dapat merasakan healing, sambil mengabadikan foto," tukasnya, namun tak lupa selalu memantau cuaca terlebih dahulu," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Batulayang Iwan Setiawan mengatakan, objek wisata Curug Asmarandana dan pangojayan Caimandala merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Wisata Batulayang, yang beberapa waktu lalu sempat dikunjungi Bupati Bogor, Kapolres dan Dandim serta rombongan Pemkab. 

"Kita berupaya di lokasi ini bisa menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dan juga sangat dirasakan dampak manfaatnya oleh pedagang dan UMKM yang berjualan di obyek tersebut walau untuk kunjungan masih belum maksimal karena masih pandemi," jelasnya.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut