get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Bogor Gelar Semarak Hardiknas 2024, Pj Bupati: Selaras dengan Merdeka Belajar

PTS Harus Saling Kerja Sama Mendorong Kualitas Mahasiswa  

Kamis, 23 September 2021 | 21:54 WIB
header img
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek, Prof Ir Nizam minta perguruan tinggi swasta (PTS) terutama kampus-kampus kecil saling berkonsolidasi dan bekerja sama. (Foto: SINDOnews)

BANDUNG,iNews.id - Mahasiswa dari perguruan tinggi swasta (PTS) atau kampus-kampus kategori kecil mempunyai  kesempatan yang sama dengan  kampus-kampus yang besar meraih kesuksesan, namun dengan syarat yang harus dipenuhi yakni saling berkonsolidasi dan bekerja sama.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek, Prof Ir Nizam mengatakan,  dengan berkonsolidasi dan bekerjasama PTS-PTS di Indonesia mampu menjadi perguruan tinggi yang unggul.

“Kerja sama seperti melalui program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM),  mahasiswa dari kampus-kampus kecil dapat memiliki kesempatan yang sama seperti kampus-kampus yang besar, sehingga mereka memiliki peluang yang sama dalam meraih kesuksesan,” ujarnyanya dalam pelantikan Pengurus Aptisi di Bandung, Jawa Barat. 

Selain itu, kata dia,  program magang bersertifikat membuat banyak mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi negeri ataupun swasta, punya potensi yang baik dan diterima di perusahaan-perusahaan berskala nasional juga internasional.

“Dengan begitu, semua mahasiswa di Indonesia baik berasal dari perguruan tinggi negeri ataupun swasta punya kesempatan sama, untuk mendapatkan peluang magang bersertifikat juga pengalaman belajar di perusahaan raksasa berskala nasional maupun internasional,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan program ini, maka perusahaan tidak lagi melihat mahasiswa tersebut lulusan dari kampus mana, akan tetapi lebih melihat pada mahasiswa tersebut bisa apa.

“Dengan kata lain, kualitas mahasiswa tidak lagi dilihat dari asal kampus ternama, tetapi mahasiswa dapat dilihat dari segi kualitas ilmu pengetahuan juga inovasi dan keterampilan apa yang dimiliki,” tandasnya.

Kemudian, ia mengajak pada seluruh pengurus Aptisi untuk mempergunakan kesempatan ini, dalam program-program MBKM untuk mengoptimalkan strategi perguruan tinggi agar menghasilkan SDM unggul demi kemajuan Indonesia.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut