get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kesabaran Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Dituduh Sembunyikan Pukulan Bedug hingga Diusir

Pelonggaran Masker di Luar Ruangan, Begini Kata Bima Arya

Rabu, 18 Mei 2022 | 18:50 WIB
header img
Foto: istimewa

BOGOR, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melonggarkan untuk melepas masker di luar ruangan kepada masyarakat. Hal itu pun disambut baik Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Bima langsung mengaplikasikannya ketika berada di luar ruangan. Seperti yang dilakukannya saat menghadiri peringatan 205 Tahun Kebun Raya Bogor.

"Sudah melepas masker arahan dari Presiden, Presiden sendiri sudah declare itu. Makanya hari ini saya, dan Forkopimda juga buka masker (di luar ruangan)," kata Bima saat menghadiri peringatan 205 Tahun Kebun Raya Bogor, Rabu (18/5/2022).

Seusai dengan arahan Presiden Jokowi, penggunaan masker di luar ruangan hanya untuk komorbid dan flu. Tetapi, apabila ada masyarakat yang masih ingin memakai masker juga dipersilahkan.

"Jadi yang pakai masker yang komorbid, flu silahkan dipakai atau yang sedang di dalam ruangan. Di luar ruangan pakai masker ketika crowded, mau masuk pasar gak yakin ya pakai masker, ya gak apa-apa. Bagi yang belum nyaman, belum pede, silahkan masih pakai. Tapi, bagi yang sehat di lingkungan terbuka ya silahkan buka masker," ungkap Bima.

Di sisi lain, lanjut Bima, kasus Covid-19 di Kota Bogor masih sangat baik. Tidak terdapat kenaikan kasus harian yang mengkhawatirkan sejauh ini.

"Jadi kita sebetulnya sudah melihat data-data yang sangat positif. Kota Bogor sudah menunjukan tren 0, beberapa hari sudah 0. Lonjakan kasus belum terjadi pasca Lebaran, kita cek seminggu ke depan menentukan sekali, tapi sampai hari ini gak ada. Kemarin 0, 1, tipis sekali. Tapi kami tetap memastikan untuk memonitor data-data tadi," jelasnya.

Kemudian, pihaknya juga berencana mengatur untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. Diharapkan data yang baik ini dan adanya pelonggaran sebagai titik cerah menuju endemi.

"Tapi sejauh ini mudah-mudahan kita sudah siap memasuki masa endemi," pungkasnya.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut