Unik! Cara Pemilihan RT Warga Cilebut Barat

Tim iNewsBogor.id
.
Senin, 09 Januari 2023 | 20:35 WIB

Bogor, iNews.id - Ada yang unik dalam pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) 08 RW 15 di Perumahan Pesona Cilebut 2, Desa Cilebut Barat, Sukaraja, Kabupaten Bogor, kemarin (08/01). Pemilihan Ketua RT di lingkungan setempat dilakukan secara demokratis. Bak sebuah pesta demokrasi Pemilu, ada bilik suara, saksi, kertas pencoblosan dan tentunya panitia pemungutan suara.

Pemilihan RT seperti ini patut diacungi jempol. Memberikan edukasi kepada warga dalam demokrasi di lingkungan begitu penting, terlebih negara ini akan menghadapi pesa demokrasi pada 2024 nanti.

Warga begitu antusias mengikuti proses demokrasi tingkat RT tersebut. Pasalnya, dari 152 undangan atau warga yang punya hak suara, hampir 85 persen hadir untuk menyalurkan hak pilihnya.  Ada tiga calon ketua RT yang ikut berkompetisi, yakni Alpin (nomor urut 1), Ade Surya Budiman (nomor urut 2), dan Eko Rahmat Wiguna (nomor urut 3). Dari hasil proses pemilihan yang berlangsung demokratis tersebut, Alpin akhirnya unggul dari kedua calon lainnya dengan memperoleh 81 suara.

Setiap warga yang sudah memiliki hak pilih diundang untuk menggunakan hak suaranya. “Semua warga yang sudah punya hak pilih kami undang untuk memilih ketua RT sesuai pilihannya,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Ketua RT 08, Herry Setiyadji.

 

Foto-foto: Kiriman warga Perumahan Pesona Cilebut 2

 

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News

Bagikan Artikel Ini