Tahukah Anda Mengapa Masjidil Haram Begitu Istimewa dan Luar Biasa, Ternyata Ini Data dan Faktanya

Furqon Munawar
Tahukah Anda Mengapa Masjidil Haram Begitu Istimewa dan Luar Biasa, Ternyata Ini Data dan Faktanya. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

BOGOR, iNews.id - Masjidil Haram selain memiliki makna mendalam bagi jutaan jama'ah haji dari sisi 'ubudiyyah juga jadi tempat istimewa dengan berbagai kelebihan. Simak data dan faktanya.

Bahwa Kawasan Masjdil Haram masuk dalam jejeran puncak daftar bangunan termahal di bumi dibangun dengan biaya mencapai $ 100 Miliar. Ukuran luas areanya pun sungguh mencengangkan mencapai 1.000.000 meter persegi. Dengan kapasitas daya tampung jamaah sebanyak 2 (dua) juta orang.

Setiap tahunnya Masjidil Haram dikunjungi orang untuk berbagai kepentingan ibadah maupun muamalah jumlahnya mencapai 20 juta pengunjung.

Masjidil Haran juga merupakan satu satunya kawasan di muka bumi yang tidak pernah berhenti berdenyut apalagi berhenti melayani. Tak pernah sekalipun tutup dan dibuka selama 24 jam secara terus menerus sudah selama hampir lebih dari 1400 tahun.


Foto : iNewsBogor.id/ist.

Keistimewaan duniawi lainnya dari Masjidil Haram, memiliki 1800 pembersih, 40 mobil pembersih sanitasi listrik, 60 mesin saniter listrik untuk membersihkan halaman terbuka dengan 2000 barel sanitasi tersebar di seluruh area.

Lantai Masjdil Haram pun sangat istimewa ditutupi dengan 40.000 karpet setara atau lebih panjang dari jarak antara Jeddah dan Mekah sejauh 79 kilometer.

Untuk soal kebersihan dan kesucian pun Masjidil Haram tetap istimewa. Dengan 13.000 toilet, dibersihkan empat kali setiap 6 jam setiap hari. Luar biasa bukan ?!

Masjidil Haram juga terbesar di dunia dalam pemakaian air dengan 25000 dispenser air yang disediakan bisa melayani ribuan bahkan jutaan jamaah. Menjadikan Masjidil Haram salah satu pengguna air terbesar di dunia dan kesemuanya disediakan secara gratis. Tidak hanya itu air yang dikonsumsi pun dijamin higienis dengan pemeriksaan ketat 100 sampel acak air minum diperiksa setiap hari.


Foto : iNewsBogor.id/ist.

Nah kalau ini soal Sumur Zamzam yang berada di kawasan Masjidil Haram. Kelebihan air dari Sumur Zamzam ditampung di tangki penampung berkapasitas 1,7 juta galon air isi 10 liter.

Untuk soal syi'ar Masjdil Haram tetap luar biasa tak tergantikan oleh stasiun manapun terutama layanan tilawah HARAMAIN. Siaran tilawah Al-Qur'an terus menerus selama 24 jam per 7 hari. Menggunakan 10 metode pembacaan Al-Qur'an yang diakui; lebih dari 500.000 episode di 180 negara telah ditayangkan dalam tiga tahun terakhir.

Amat banyak kelebihan dan keistimewaan yang sifatnya duniawi dibalik kemegahan Masjidil Haram kiblat Umat Islam ini.

Lainnya, pelayan Masjidil Haram juga menyediakan lebih dari 2.000 brankas guna menjaga barang-barang pribadi tetap aman.


Foto : iNewsBogor.id/ist.

Agar para jamaah yang beribadah tetap khusyu', sejuk dan nyaman ratusan unit pendingin ruangan (AC) tersebar di dalam Masjid.

Lantai Masjid pun memantulkan cahaya dan panas sehingga meningkatkan pengaturan panas di dalam bangunan.

Tersedia juga Aplikasi Pemandu Wisata Elektronik yang dapat menunjukkan lokasi bagian juga relung relung mana pun dari Masjid.

Sistem audio di Masjidil Haram sangat detail dan efisien. Sistem suara di Masjidil Haram merupakan salah satu sistem suara terbesar dan paling kompleks di dunia. Nyaris tidak pernah terjadi audio error oleh karena itu margin kesalahan sistem audionya nol persen (0%).

Terdapat 6000 pembicara dengan 4 sistem audio yang berbeda didukung 50 personel teknik suara.

Ada juga salinan Al-Qur'an yang diterjemahkan ke dalam 65 bahasa berbeda. Juga terjemahan setiap khotbah Jumat ke dalam 5 bahasa berbeda pula.

Tdak hanya bagi jamaah yang normal, Masjidil Haram juga menyediakan layanan/ fasilitas untuk penyandang disabilitas.Antara lain 10.000 kursi roda reguler tersedia untuk digunakan, gratis, 400 kursi roda berpemandu elektronik tersedia, Kursi roda otomatis beroda 2 dan roda 3.

Dan khusus di Bulan Suci Ramadhan, Masjidil Haram menyediakan 4 juta makanan gratis untuk berbuka puasa setiap hari. Dengan menu berbuka 5.000.000 kurma dengan biji sudah dibuang dibagikan di area masjid setiap hari selama bulan Ramadhan.


Foto : iNewsBogor.id/ist.

Dan ini lagi yang luar biasa di Masjidil Haram. Setelah berbuka, mengeluarkan makanan dan peralatan untuk membersihkan tempat shalat Maghrib (Shalah) dilakukan singkat hanya dalam 2 (dua) menit saja. (Artikel disadur dari berbagai sumber)

Subhanallah...wallahu'alam

Editor : Furqon Munawar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network