Ratusan Pelari Trail Indonesia dan Mancanegara Siap Ramaikan BCT 2023

Ifan Jafar Siddik
Bogor City Trail 2023, siap digelar 28 Mei 2023 di BNR Bogor. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Ratusan pelari trail Indonesia dan mancanegara siap ramaikan Bogor City Trail (BCT) 2023 di Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor, Minggu 28 Mei 2023. Bogor City Trail adalah event pertama yang menggabungkan konsep lari di road dengan lari di medan trail.

Peneyelenggaraan Bogor City Trail 2023 akan dilaksanakan di Jungle Waterpark BNR sebagai lokasi star & finish. Selain lokasi yang mudah diakses, lokasi ini juga dinilai dekat dengan hotel dan wahana eduwisata, foodcourt, serta fasilitas lainnya sehingga peserta event dapat senantiasa nyaman selama mengikuti maupun setelah event.

Pelepasan ratusan peserta rencananya akan di buka oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim.

Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim mengatakan melalui rangkaian event yang tergabung dalam Calender of Event (CoE) 2023 Kota Bogor ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam pembangunan Kota Bogor.

“Ya, Saya berharap event ini bisa membangkitkan gairah olahraga trail yang sekarang mulai popular di kalangan masyarakat, juga dengan dihapusnya PPKM saat ini, maka event-event yang digelar di Kota Bogor dapat dilaksanakan lebih maksimal,” katanya saat audiensi di ruang Narayana, Balai Kota Bogor, Selasa (23/5).

Para peserta 10K dan 15K akan berlari dan berlomba jadi yang tercepat dengan menyusuri rute yang telah disiapkan panitia yakni, objek-objek wisata alam di Kawasan Bogor Selatan, yang tentunya menyajikan pemandangan yang menyejukkan mata para peserta. Diantaranya: Jungle BNR, Bukit Wangun, Kampung Tematik Mulyaharja dan finish di BNR.

Sementara itu, Race Director BCT 2023, Helmi Puad mengatakan selain untuk mengembangkan olahraga Lari Trail di Bogor, event ini juga bertujuan untuk mendukung pariwisata di Kota Bogor, Jawa Barat.

"Latar belakang dipilihnya lokasi Muyaharja Agro Eduwisata Organik sebgai rute yang dilalui, dikarenakan suguhan panorama hamparan sawah sejauh mata memandang serta pemandangan hamparan kota Bogor yang dapat dilihat dari jalur perbukitan yang dilalui menjadi salah satu nilai yang ditawarkan oleh rute event yang sangat menarik untuk di ikuti," kata Puad kepada iNewsBogor.id

“Selain mempromosikan wisata di wilayah Bogoer Selatan, event ini juga sebagai cara menggelorakan olahraga lari sebagai ikhtiar menjaga kesehatan dan kebugaran masyarakat, kampanya bangkit dari pandemic, stimuli untuk perkembangan pariwisata dan ekonomi kerakyatana sepanjang rute event, dan ajang silaturahmi para pelari dari berbagai wilayah di Indonesia,” tambahnya.

BCT 2023 ini berisfat fun-competition dimana semua lapisan masyarakat dapat mengikutinya. Peserta dapat memilih kategori jarak tempuh 10 km untuk yang fun challenge dan 15 km untuk yang mencari tantangan lebih. Peserta akan dikelompokkan berdasarkan laki-laki dan perempuan, lebih lanjut peserta akan dikelompokkan sesuai dengan kategori usia yaitu Master (di atas 40 tahun), Open (20-40 tahun), Pelajar (18-19 tahun), sehingga peserta dapat termotivasi untuk lari bersama dan tidak berkecil hati.

Di sisi lain, peserta tidak perlu bingung untuk membawa perbekalan masing-masing karena pada event ini, panitia sudah menyiapkan fasilitas berupa water station dan refreshment pada garis lokasi finish sehingga peserta dapat senantiasa fokus untuk berlari dan dapat menikmati pemandangan yang ditawarkan sepanjang rute event.

Event ini didukung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Dinas Perhubungan Kota Bogor, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Polsek Bogor Selatan, Polresta Bogor Kota, Aplikasi lari karya Anak Bogor (Bogor City of Runner Apps) dan produk produk lokal Indonesia lain nya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network