LPS Monas Half Marathon 2023: Ribuan Pelari Hingga Atlet Nasional Nikmati Jakarta dengan Berlari

Patris Arifin
Momen pembagian hadiah bagi para pemenang LPS Monas Half Marathon/Patris Arifin. (Foto: iNewsBogor.id)

JAKARTA, iNewsBogor.id – Ribuan runners atau pelari hingga sejumlah atlet atletik dan pelari jarak jauh nasional menyemarakkan penyelenggaraan LPS Monas Half Marathon 2023.

Total hadiah yang diperebutkan para runners dalam event lari ini mencapai Rp992 juta.

LPS Monas Half Marathon diselenggarakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Harian Kompas ini mengusung tema “Restart for Change”.

Event lari di Ibu Kota ini berlangsung selama dua hari berturut-turut, yakni pada Sabtu (1/7) kemarin dan Minggu (2/7).

Sekira 7.000 pelari non atlet, puluhan pelari mancanegara, termasuk atlet atletik Odekta Elvina Naibaho hingga pelari jarak jauh nasional Triyaningsih mengawali fun run dengan jarak tempuh 21 kilometer di Silang Barat Daya Monas, Jakarta, Minggu (2/7/2023), pukul 05.00 WIB.

Garis finis dari event lari kategori 5K ini, yakni Istora Senayan Jakarta.

Atlet atletik nasional Odekta Elvina Naibaho keluar sebagai pemenang lomba lari kategori overall putri dengan catatan waktu 1 jam 16 menit. Sementara kategori pria dimenangkan pelari Robi Syianturi dengan catatan waktu 1 jam 16 menit.

Odekta mengaku senang bisa memenangi event lari ini, lantaran ia bersaing dengan sejumlah pelari bertaraf internasional.

Menurutnya, LPS Monas Half Marathon ini merupakan event lari yang cocok untuknya mempersiapkan diri menyambut Asian Games 2023.


Ribuan peserta LPS Monas Half Marathon bersiap di Monas, Jakarta. (Istimewa)

 

“Ini kesempatan luar biasa karena di event ini saya bisa bersaing dengan orang luar. Itu yang saya inginkan, tryout seperti (lawan pelari bertaraf internasional). Jadi saya bisa menantang diri saya sendiri,” ujar Odekta.

Berharap LPS Monas Half Marathon Jadi Event Berkesinambungan

Sejumlah pejabat negara seperti, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Olahraga Dito Ariotedjo, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, hingga Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa turut berpartisipasi.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengapresiasi penyelenggaraan event LPS Monas Half Marathon.

Rute lari para runners yang melewati tempat-tempat bersejarah serta ikonik bagi Jakarta, menurut Heru, menawarkan cara unik untuk menikmati keindahan Ibu Kota. Ia berharap event lari ini bisa berkesinambungan.

“Semoga kegiatan lari ini berjalan sukses di Jakarta, sehingga level jarak berlari dapat ditingkatkan dan dapat secara berkesinambungan dilaksanakan di Jakarta,” ujar Heru.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan berharap olahraga atletik di Indonesia terus maju. Ia memastikan pemerintah bakal mendukung penuh bila LPS Monas Half Marathon ingin dijadikan event tahunan.

“Kita sekarang coba di Jakarta, nanti kita coba buat lagi di daerah lain. Sehingga promosi kita jalan. Semoga kegiatan LPS Monas Half Marathon ini dapat berjalan setiap tahun, sehingga bisa meningkat menjadi full marathon,” ujar Luhut.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network