El-Bukhari Institute Ajak Generasi Muda Ikut Rembuk Ide Bahas Moderasi Beragama

Patris Arifin
El-Bukhari Institute Gelar Rembuk Ide, Bahas Moderasi Beragama untuk Gen Z

TANGERANG, iNewsBogor.id - El-Bukhari Institute bekerja sama dengan Islami.co menggelar kegiatan Rembuk Ide, sebuah forum diskusi yang membahas tentang moderasi beragama di kalangan generasi Z [Gen Z], pada Kamis 25 Juli 224 di Outlier Cafe, Tangerang Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai urgensi moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari generasi muda, serta mencari solusi atas tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi.

Direktur GTK Madrasah Ditjen Pendis Kementerian Agama, Thobib Al Asyhar mengatakan bahwa generasi Z, yang lahir di era digital, dinilai memiliki peran penting dalam menjaga moderasi beragama di Indonesia. Pasalnya, kecakapan digital dan semangat inklusivitas generasi ini menjadi aset berharga dalam menyebarkan nilai-nilai toleransi.

“Pentingnya Generasi Z sebagai agen moderasi beragama tidak bisa dipungkiri. Anak muda zaman sekarang sangat ingin menjadi toleran dan dekat dengan teknologi. Ini sangat relevan dengan karakteristik Generasi Z yang fleksibel, mudah beradaptasi, dan sangat akrab dengan dunia digital,” katanya, Kamis [ 25/7/2024].   

Sebagai generasi yang tumbuh di era digital, Generasi Z memiliki akses yang sangat luas terhadap informasi. Namun kemudahan akses ini juga membawa tantangan, yaitu potensi terpaparnya informasi yang tidak benar atau bahkan provokatif. “Generasi Z perlu diajarkan untuk berpikir kritis dan menyaring informasi yang mereka dapatkan,” tambahnya. 

Meski demikian, sisi positif dari kecakapan digital generasi Z adalah kemampuan mereka dalam mengelola informasi dengan cepat dan efektif. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjadi jembatan penghubung antar berbagai kelompok masyarakat, termasuk kelompok agama yang berbeda. “Generasi Z dapat memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan dan toleransi,” tambah Thobib.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Savic Ali, menyoroti pentingnya generasi Z sebagai fokus utama dalam pengembangan moderasi beragama. Dengan kemudahan akses informasi melalui teknologi digital, Gen Z memiliki potensi besar untuk memiliki pandangan yang inklusif terhadap berbagai informasi, termasuk informasi keagamaan. Namun, di sisi lain, mereka juga rentan terhadap informasi yang tidak benar jika tidak menentukan titik kritis.

"Acara Rembuk Ide ini sangat cocok untuk Gen Z, terlebih konsep moderasi beragama sangat relevan dengan masalah keseharian generasi Z," ujar Savic Ali pada Kamis, 25 Juli 2024.

Lebih lanjut, Savic Ali menjelaskan bahwa secara umum praktik keagamaan Gen Z adalah moderat. Namun, ia mengamati peningkatan relevansi agama yang intens di kalangan Gen Z di dunia maya. Fenomena ini, menurutnya, merupakan cerminan dari pencarian identitas dan ruang ekspresi bagi generasi muda. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mendampingi Gen Z agar mampu beragama dan berinteraksi di dunia digital dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moderasi. 

“Generasi Z umum secara moderat, tapi permasalahannya usil, ciri zaman ini, komen di media sosial,” tambahnya.

Di sisi lain, Ketua Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI Depok, Rida Hesti Ratnasari mengatakan pengaruh perebutan terhadap generasi muda di kalangan kelompok Islam semakin intensif. Kelompok Islam kiri dan kanan sama-sama giat menarik minat generasi muda untuk bergabung dengan jaringan mereka. Persaingan ini menunjukkan betapa strategisnya kalangan muda dalam peta politik Islam saat ini.

Rida Hesti menambahkan bahwa kondisi ini membuat remaja rentan terhadap berbagai pengaruh dan ideologi yang berpotensi terpecah belah. Berbagai upaya dilakukan oleh kedua kelompok untuk menarik simpati generasi muda, mulai dari penyampaian narasi yang menarik hingga pemanfaatan teknologi digital.

“Remaja saat ini berada di tengah-tengah tarik-menarik antara berbagai ideologi,” ujar Rida Hesti pada Kamis (25/7/2024). Situasi ini menjadi perhatian serius mengingat potensi dampaknya terhadap keberagaman dan persatuan bangsa


***

Rebuk Ide adalah sebuah forum diskusi membahas berbagai tema tertentu dengan mengundang generasi muda yang diinisiasi oleh el-Bukhari Institute yang melibatkan organisasi mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan entitas orang muda lainnya.

Editor : Furqon Munawar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network