Migrant Watch Ajak Gen Z Raih Peluang Kerja di Luar Negeri, Jangan Hanya di Indonesia

Furqon Munawar
Direktur Eksekutif Migrant Watch, Aznil Tan. (Foto : Istimewa/MAK)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Direktur Migran Watch, Aznil Tan, menyampaikan pandangannya mengenai dinamika dan tantangan yang dihadapi oleh pekerja migran Indonesia (PMI) dalam sebuah diskusi yang berlangsung di Kampus STIAMI, Selasa (21/5/2024) siang.

Aznil menegaskan bahwa pekerjaan sebagai PMI bukanlah sekadar menjadi pembantu rumah tangga, melainkan mencakup berbagai keterampilan yang beragam. "PMI itu, pekerja migran adalah pekerjaan yang telah ada sejak dulu. PMI itu bukan pembantu rumah tangga," ujar Aznil.

Dirinya pun menjelaskan bahwa pekerjaan PMI terbagi menjadi tiga kategori: keterampilan lunak (soft skill), keterampilan umum (general working skill), dan keterampilan tinggi (high skill).

Menurut Aznil, keterampilan tinggi atau high skill lebih banyak dikuasai oleh tenaga kerja asal India, yang mendominasi sektor-sektor seperti teknologi informasi, akuntansi, hukum internasional, dan kedokteran di Amerika Serikat.

"High skill lebih banyak dikuasai oleh India. Di Amerika, ahli IT, akuntan, hukum internasional, kedokteran yang tidak pernah digarap dan tidak pernah tersentuh," katanya.

Editor : Furqon Munawar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network