Merespons Pembentukan Pansus Haji DPR, Dirjen PHU Kemenag Siapkan Data dan Dokumen

Ifan Jafar Siddik
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief, menyatakan kesiapan untuk memenuhi panggilan Pansus Haji di DPR dengan menyiapkan data dan dokumen terkait penyelenggaraan Haji 2024. Foto: iNewsBogor.id/ istimewa

JAKARTA, iNewsBogor.id - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief, menegaskan kesiapan pihaknya untuk memenuhi panggilan Panitia Khusus (Pansus) Haji di DPR. Hilman menyatakan bahwa Kemenag telah menyiapkan data dan dokumen yang diperlukan untuk memberikan keterangan terkait penyelenggaraan Haji 2024.

“Kami siap memenuhi panggilan Pansus dan memberikan keterangan mengenai penyelenggaraan Haji 2024. Kami telah menyiapkan berbagai argumen, data, dan dokumen untuk menjawab pertanyaan fundamental yang mungkin diajukan oleh Pansus,” kata Hilman dalam Diskusi Publik Forum Jurnalis Wakaf dan Zakat Indonesia (Forjukafi) dengan tema “Haji Antara Transformasi dan Politisasi” di Hotel Oasis Amir, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Hilman menambahkan bahwa penyelenggaraan haji yang melibatkan ratusan ribu jamaah memerlukan keterampilan manajemen yang memadai. Kemenag setiap tahun berupaya untuk mempersiapkan penyelenggaraan haji sebaik mungkin.

“Jumlah jamaah yang harus kami layani sangat besar, yaitu kuota 221.000 ditambah 20.000 orang menjadi 241.000 jamaah. Ini adalah jumlah terbesar dalam sejarah,” sambung Hilman.

Kemenag telah menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan penyelenggaraan haji berjalan lancar.

“Karena itu, kami melakukan berbagai persiapan, telaah, simulasi, dan kajian. Kami berharap dapat menggunakan skenario yang sudah diterapkan sebelumnya, dengan prinsip penyelenggaraan haji yang aman dan nyaman,” pungkasnya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network