Berikut Trik Cara Agar Tidak Mengakibatkan Hamil Bagi Pasangan Muda

Ifan Jafar Siddik

BOGOR - Kehadiran sang buah hati dalam sebuah keluarga menambah kebahagiaan tetapi banyak hal juga yang terkadang menjadi bahan pertimbangan  untuk menambah momongan.

Semakin berkembangnya zaman dan ilmu kesehatan, banyak tips dan trik khusus untuk mencegah atau menunda kehamilan atau pun istilah kebobolan.

Berikut ini cara untuk mencegah kehamilan, yang sudah di rangkum iNewsbogor.id, Selasa (22/3/22):

1. Coitus Interruptus (Mencabut Mr.P sebelum ejakulasi atau senggama terputus)

Cara berhubungan ini, bisa di gunakan untuk pasutri yang memang tidak sedang ingin KB tapi ingin menunda kehamilan. Cara ini memang tidak begitu efektif, dikarenakan adanya cairan yg keluar dari penis pada saat sebelum ejakulasi attau pre-ejakulasi. 

2. Sistem kalender atau berhubungan di luar masa subur wanita

Siklus menstruasi wanita beragam dari 27-30 hari. Masa subur itu sendiri di hitung dari hari pertama saat keluar nya haid di tambah 11.  Seperti contoh, jika haid tanggal 10 makan masa subur ada di tanggal 21-26. Cara ini, bisa efektif untuk para wania usia subur yang memiliki siklus haid teratur.

3. Menggunakan alat kontrasepsi untuk wanita

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan paling efektif dengan menggunakan alat kontrasepsi. Risiko terjadinya kebobolan terbilang sangat rendah. Terdapat beberapa alat kontrasepsi yang bisa digunakan wanita, yaitu pil KB, suntik KB, implan atau susuk,  IUD atau spiral.

Selain itu, para wanita juga bisa melakukan tubektomi atau memotong, mengikat, atau menutup tuba falopi sehingga dapat menghalangi sperma untuk bertemu dengan sel telur. Akan tetapi, cara tersebut merupakan cara permanen untuk mencegah kehamilan sehingga perempuan tidak akan bisa hamil jika melakukan tubektomi.

4. Menggunakan alat kontrasepsi untuk pria

Tak hanya perempuan, para pria juga bisa menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah terjadinya kehamilan. Alat kontrasepsi paling umum dan paling mudah digunakan untuk pria adalah kondom. Dengan penggunaan yang tepat, kondom mampu meminimalisir terjadinya kehamilan setelah berhubungan badan. Selain kondom, para pria juga bisa melakukan vasektomi atau memotong vas deferens tabung yang membawa sperma dari testis, sehingga cairan yang dikeluarkan saat berhubungan badan sudah tidak lagi mengandung sperma. 

Namun perlu diketahui bahwa vasektomi akan membuat pria jadi tidak bisa membuahi kembali secara permanen sehingga harus dipastikan bahwa pria tersebut memang sudah tidak ingin memiliki anak

Itulah beberapa cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan yang bisa dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

Editor : Hilman Hilmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network