Kenali Penyakit Thalassemia dan Penyebabnya

Ifan Jafar Siddik
Foto: ilustrasi (istimewa)

BOGOR, iNews.id - Thalassemia merupakan kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetik sehingga mengakibatkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal dan kelainan darah yang bersifat penyakit turunan keluarga.

Zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan seharusnya digunakan oleh sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin.

Thalasemia disebabkan oleh kerusakan hemoglobin karena adanya mutasi genetik. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan mengangkut balik karbondioksida ke paru-paru untuk dikeluarkan.

Penyebab thalasemia pada anak adalah kelainan genetik. Gen yang mengalami kelainan tersebut bermutasi dan menghasilkan komponen sel darah merah. Hal ini menyebabkan sel darah merah terganggu dan mudah rusak.

Para ahli menyebutnya dengan fetal hemoglobin. Hemoglobin normal nantinya akan menggantikan fetal hemoglobin setelah Si Kecil berusia enam bulan.

Oleh karenanya, kebanyakan bayi yang terlahir dengan thalasemia, baru akan mengalami gejala setelah berusia enam bulan ke atas.

Pasangan yang akan menikah seharusnya diwajibkan untuk melakukan skrining thalassemia sehingga bisa dilakukan pencegahan agar anak tidak mengidap thalassemia mayor.

Pasalnya, anak yang mengidap thalassemia mayor harus menjalani transfusi darah setiap bulan dan berpotensi mengalami masalah psikososial akibat penyakit yang diidapnya. 

Apalagi, untuk mendapatkan pengobatan yang optimal, pasien thalassemia membutuhkan biaya sekitar Rp 400 juta setiap tahunnya.

Thalasemia terdiri dari dua jenis yaitu minor dan mayor. Thalasemia mayor merupakan bentuk thalasemia yang paling parah. Pengidapnya membutuhkan transfusi darah rutin dan perawatan medis yang ekstensif.

Editor : Hilman Hilmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network