get app
inews
Aa Read Next : TMMD ke-120 Kodim 0621 Bogor, Puluhan Ibu-Ibu di Sukamakmur Ikuti Penyuluhan KB Hingga Posyandu

TNI Urutan 16 Kekuatan Militer di Dunia, Nomor 1 di Asia Tenggara

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:37 WIB
header img
TNI menempati posisi ke-16 dari 140 negara sedunia pada  situs pemeringkat militer dunia, Global Firepower. Jika di kawasan Asia Tenggara, kekuatan militer Indonesia di peringkat pertama (Foto: Istimewa)

JAKARTA,iNews.id - TNI menempati posisi ke-16 dari 140 negara sedunia pada  situs pemeringkat militer dunia, Global Firepower. Jika di kawasan Asia Tenggara, kekuatan militer Indonesia di peringkat pertama.

Menurut Global Firepower, TNI berada di peringkat ke-16 dengan skor indeks kekuatan (power index) sebesar 0,2684 poin. 

Artinya, nyaris serupa dengan kekuatan militer negara maju. Sebagai catatan, skor indeks kekuatan semakin kecil jika tingkatan milier suatu negara makin tinggi. Pun sebaliknya, peringkat militer kian rendah apabila skor indeks kekuatannya semakin besar.

Terdapat lebih dari 50 indikator yang digunakan Global Firepower dalam menghitung skor indeks kekuatan stiap negara. Negara-negara kecil yang memiliki kelebihan dalam perhitungan di beberapa indikator menjadi keunggulan dalam bersaing dengan negara-negara maju.

Di tingkat kawasan, Vietnam berada di bawah Indonesia dengan skor indeks kekuatan sebesar (0,4189) atau berada di peringkat 24 global. Berikutnya Thailand dengan skor indeks kekuatan 0,4427 atau posisi le-26 dunia.

Peringkat ke-4 di Asia Tenggara ditempati Myanmar dengan nilai 0,6521, berikutnya Singapura 0,4566, Malaysia 0,7451, Filipina 0,8291, Kamboja 2.2751, dan Laos 3.3003. 

Global Firepower tidak menyebutkan berapa skor indeks kekuatan negara-negara Asia Tenggara lainnya, yakni Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut