get app
inews
Aa Read Next : Tren Pernikahan di Indonesia Menurun, Ini Penyebabnya Menurut Pakar IPB University

Herbal Mineral Blok Untuk Atasi Penyakit Mulut dan Kuku, Karya Inovasi Para Peneliti IPB University

Kamis, 30 Juni 2022 | 00:27 WIB
header img
Herbal Mineral Blok Untuk Atasi Penyakit Mulut dan Kuku, Karya Inovasi Para Peneliti IPB University. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNews.id - Inovasi menarik dan solutif untuk mengatasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ditemukan para  peneliti IPB University. Inovasi dimaksud bernama Herbal Mineral Blok (HMB) ditemukan oleh para peneliti dari Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan. Mereka adalah Dr Suryahadi, Dr Sri Suharti dan Prof Dewi Apri Astuti.

Bahan herbal yang telah dicoba untuk dicampurkan dalam pakan antara lain kunyit, jahe, dan lerak. Bahan herbal tersebut digunakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan mineral sekaligus untuk meningkatkan imunitas. Penelitian ini telah dimulai sejak tahun 2008.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengapresiasi karya inovasi para peneliti seraya mengatakan, "Inovasi tersebut (Herbal Mineral Blok -red) sangat penting mengingat wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyebar di berbagai daerah di Indonesia," ujar Arif Satria saat peluncuran produk Herbal Mineral Blok di Kampus IPB University, Dramaga Kabupaten Bogor, Rabu (29/6/2022).


Para peneliti IPB University tengah bekerja di laboratorium. (Foto : Istimewa)

Arif Satria mengklaim, inovasi Herbal Mineral Blok yang dikembangkan para peneliti IPB University ini dapat membantu meningkatkan imunitas ternak terutama ruminansia.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut