get app
inews
Aa Read Next : Cristiano Ronaldo Sebentar Lagi Genap 37 Tahun Tolak untuk Gantung Sepatu

Tak Ada Nama Pahlawan Portugal di Piala Eropa 2016 di Skuat Seleccao das Quinas

Jum'at, 04 Juni 2021 | 15:37 WIB
header img
Antonio Macedo Lopes atau Eder (YouTube)

BogorRaya, iNews. id - Pelatih Portugal, Fernando Santos telah memilih 26 pemain untuk perhelatan Piala Eropa 2020. Dari 26 pemain itu tidak ada nama Ederzito Antonio Macedo Lopes atau Eder yang menjadi pahlawan Portugal di Piala Eropa 2016. 

Hanya beberapa pemain jebolan Piala Eropa 2016 yang masih diberi kesempatan Santos menikmati atmosfer pesta sepakbola Benua Biru. Mereka adalah Cristiano Ronaldo, Pepe dan kiper Rui Patricio. 

Meski tidak lagi dipanggil masuk timnas Portugal, Eder akan selalu dikenang fans Seleccao das Quinas sebagai pahlawan. Stade de France menjadi saksi gol Eder ke gawang Prancis yang mengantarkan Portugal menjadi juara Piala Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah. 

Bukan Cristiano Ronaldo yang menjadi bintang saat Portugal mengalahkan Prancis 1-0 di final Piala Eropa 2016 pada 11 Juli 2016. Gol Eder yang membuat dominasi Prancis selama 120 menit menjadi sia-sia. 

Statistik UEFA menunjukkan sepanjang pertandingan tim asuhan Didier Deschamps melepaskan 17 tendangan dengan 7 di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Portugal hanya menciptakan 3 peluang tepat sasaran dari sembilan percobaan. Beruntung kiper Portugal, Rui Patricio tampil gemilang sehingga gawang Portugal tidak kebobolan. 

Eder masuk lapangan di menit ke-79 menggantikan Renato Sanches yang ditarik keluar pelatih Portugal, Fernando Santos. Keputusan itu terbukti tepat karena Eder akhirnya mampu memecah kebuntuan dengan mencetak gol penting di menit ke-109. 

Gol berawal dari aksi Eder yang mampu melepaskan diri dari penjagaan Laurent Koscielny. Dengan percaya diri, dia kemudian  melepaskan tendangan keras ke pojok kanan gawang yang sulit dijangkau kiper Prancis, Hugo Lloris.  

Eder menjadi pemain pengganti keenam yang sukses mencetak gol di final Piala Eropa. Pemain yang kontraknya dengan Locomotive Moskow akan segera berakhr ini mengikuti jejak Olivier Bierhoff (Jerman), Sylvain Wiltord (Prancis), David Trezeguet (Prancis, Juan Mata (Spanyol) dan Fernando Torres (Spanyol). 

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut