get app
inews
Aa Read Next : Berkumpul di Asia World Muslim Summit, 50 Pemuda Lintas Negara Solid Dukung Palestina

Adidas Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Netizen Indonesia Meradang

Selasa, 16 November 2021 | 16:22 WIB
header img
Infografis pernyataan kontroversi Adidas yangmenyebut Wayang Kulit dari Malaysia. (iNews)

ADIDAS produsen sepatu ternama membuat kesalahan yang membuat netizen Indonesia mengamuk. Adidas Singapura tidak cermat dengan menyebut wayang kulit ada seni tradisi Malaysia.

Akibat unggahan tersebut, Netizen Indonesia bereaksi keras Apparel asal Jerman itu pun, langsung meminta maaf setelah pernyataannya viral di media sosial.

Semua berawal dari unggahan Instagram Adidas Singapura @adidassg. Mereka memamerkan produk sneakers bertema wayang kulit.

Sayangnya, mereka keliru menulis caption dengan menyatakan wayang kulit warisan budaya Malaysia. Unggahan itu mengudara di publik, Rabu (10/11/2021).

"Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan "lama-bertemu-baru" pada DNA UltraBOOST," tulis Adidas kala itu.

Jelas postingan mereka membuat netizen Tanah Air geram. Sebab wayang kulit jelas-jelas budaya asli Indonesia.

Adidas Singapura mengakui kesalahan. Mereka langsung meminta maaf dan mengubah unggahan tersebut.

"Terima kasih telah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dari warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyebut asal-usulnya dari Indonesia di posting-an kami," tulis @adidassg, Selasa (16/11/2021).

“Kami dengan tulus meminta maaf atas segala pelanggaran yang tidak disengaja yang mungkin telah dilakukan, dan sekarang telah mengubah postingan kami,” lanjut mereka.

“Untuk menghindari keraguan, baik merek maupun artis (desainer) tidak bermaksud mengklaim bentuk seni budaya Indonesia. Sekali lagi kami berterima kasih atas dukungan Anda terhadap merek ini, dan para pembuat yang berkolaborasi dengan kami," 

Sepatu bergaya wayang kulit ini masuk ke dalam koleksi City Pack dan dirilis pada 11 November 2021 lalu. Terdapat enam sepatu dengan desain dan warna yang berbeda.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut