Adidas Jual Reebok 2,5 Miliar Dolar AS

Aditya Pratama
.
Jum'at, 13 Agustus 2021 | 14:19 WIB
Adidas menjual anak usahanya, Reebok, kepada Authentic Brands Groups senilai 2,5 miliar dolar AS. (Foto: iNews.id).

BERLIN, iNews.id – Perusahaan produk olahraga asal Jerman, Adidas, menjual anak usahanya, Reebok Internatiol Ltd (Reebok). Pemilik baru Reebok yakni Authentic Brands Groups (ABG).

Adidas menyatakan nilai penjualan sebesar 2,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Perusahaan juga menyebut penjualan itu didasari dua faktor.

Pertama, Adidas AGingin fokus pada merek inti mereka yakni Adidas. Kedua, kinerja Reebok dianggap tak terlalu menguntungkan.

Adidas membeli Reebok 3,8 miliar dolar AS pada 2006 untuk membantu bersaing dengan kompetitor terbesar mereka, Nike. Namun, akuisisi itu dianggap tak menguntungkan.

Dengan melepas Reebok, Adidas berarti rugi sekitar 1,8 miliar dolar AS. 

Adidas sebelumnya juga telah menjual merek Rockport, CCM Hockey dan Greg Norman seharga 400 juta euro, yang merupakan bagian dari akuisisi Reebok.

Dalam pernyataannya, manajemen Adidas mengungkapkan penjualan tersebut tidak berdampak pada prospek keuangannya untuk tahun ini atau untuk target yang ditetapkan dalam strategi lima tahun yang diumumkan perseroan pada Maret 2021.

Terkait dengan transaksi penjualan Reebok, manajemen Adidas mengatakan, sebagian besar dari 2,1 miliar euro akan dibayarkan tunai pada penutupan transaksi, yang diharapkan selesai pada kuartal I 2022. 

"Kami akan berbagi sebagian besar hasil penjualan tunai Reebok setelah penutupan transaksi dengan pemegang sahamnya," bunyi pernyataan manajemen Adidas, seperti dikutip Reuters, Kamis (12/8/2021).
 

Editor : Zen Teguh

Follow Berita iNews Bogor di Google News

Bagikan Artikel Ini