get app
inews
Aa Read Next : Kadispora Kabupaten Bogor Asnan AP Minta Prestasi Atlet Karate PPOPM Dorong Motivasi Cabor Lain

Peran Penting Chaperon Dalam Memotivasi Para Atlet Perempuan di Arena Porprov Jabar 2022

Senin, 07 November 2022 | 23:53 WIB
header img
Peran Penting Chaperon Dalam Memotivasi Para Atlet Perempuan di Arena Porprov Jabar 2022. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

BANDUNG, iNewsBogor.id - Dalam Kontingen olahraga 27 daerah Kota Kabupateb se Jawa Barat yang tengah bertanding pada arena Porprov Jabar 2022 hampir semuanya ada bidang Chaperon.

Bidang Chaperon ini fungsinya sangat vital untuk membantu kebutuhan para atlet peremuan yang tengah berada dalam arena Porprov Jabar 2022.

Chaperon tugasnya membantu dan mendampingi para atlet perempuan yang memang harus ditangani oleh para Chaperon yang juga terdiri dari para perempuan juga.

Untuk Porprov Jabar 2022, Dr Nina Nurmasari S Pd , M. Pd bertindak sebagai Koordinator Chaperon Kontingen Kabupaten Bogor.

Menurut Doris Sundari, salah satu Chaperon Kontingen Kabupaten Bogor pada Porprov Jabar 2022 mengatakan, Chaperon merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang digunakan sebagai sebutan untuk pengiring atau pelindung  perempuan.

Selain itu, kata Doris, Chaperon juga punya tugas mengurus segala sesuatu bagi keperluan perempuan baik di luar rumah, latihan, maupun dalam acara serta menjaga (mengawasi) keselamatan selama berlangsungnya pelaksanaan event olahraga yang diikutinya seperti Porprov Jabar 2022.

"Orang yang bertugas menjadi seorang chaperon adalah perempuan yang lebih senior atau bisa juga ibu kandungnya sendiri, " ujar Doris Sundari, Senin, 7 November 2022.

Namun, tambah Doris, istilah chaperon saat ini sudah diperluas menjadi sebutan bagi orang dewasa yang menemani, mengawasi, atau melindungi orang yang lebih muda. "Umumnya para Chaperon yang ada dalam tiap Kontingen olahraga adalah para perempuan," bebernya

Doris mengaku sangat senang.menjalani tugas sebagai bagian dari Chaperon Kontingen Kabupaten Bogor. "Sebagai Chaperon kita bisa memainkan peran atau tugas sebagai kaka ataupun ibu dari para atlet perempuan," ujar Doris lagi.

Tak hanya itu, kata Doris, Chaperon juga harus bisa membaca psikologi atlet dan memotivasinya saat mereka sedang berada di bawah performa terbaiknya.

"Intinya banyak suka duka saya ketika menerima curhatan atau keluhan para atlet yang berada dalam arena olahraga multi event ini," ucapnya.

Apalagi, ia juga jadi banyak kenal dengan semua atlet dari semua cabor yang bergabung dengan kontingen Kabupaten Bogor.

Menurutnya, curhatan para atlet beda beda dan ia harus bisa memberikan pandangan atau jawaban yang asyik ke para atlet hingga menambah rasa percaya diri dan motivasi yang meningkat.

Selama Porprov Jabar 2022, ia juga sempat kenalan dan ngobrol sama atlet Equstrian dan Dayung Kabupaten Bogor.

"Saya sangat senang bincang bincang sama mereka semua yang sama sama bertekad memberikan prestasi emas bagi Kabupaten Bogor pada Porprov Jabar 2022, " pungkasnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut