get app
inews
Aa Read Next : Kisah Abdurrahman bin Auf: Salah Satu Sahabat Utama Rasulullah SAW yang Inspiratif

Ummu Aiman Satu-Satunya Wanita yang Pernah Memarahi Nabi Muhammad SAW, Begini Kisahnya 

Kamis, 09 Desember 2021 | 13:53 WIB
header img
UMMU Aiman satu-satunya wanita yang pernah memarahi Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

UMMU Aiman satu-satunya wanita yang pernah memarahi Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Ummu Aiman atau bernama lengkap bin Amru bin Hishan bin Malik bin Salman bin Amru bin Nu'man al-Habsyiyah.

Bagaimana kisahnya sampai Ummu Aiman berani memarahi Rasulullah? Awalnya Barakah binti Tsa'labh adalah budak milik ‘Abdullah bin Abdul Muthalib, tidak lain ayah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Setelah menikah dengan Ubaid bin Harits, ia dikaruniai seorang anak bernama Aiman. Kemudian, masyarakat pun memanggilnya dengan Ummu Aiman dan nama itulah yang banyak dikenal hingga kini. Beliau juga ibu asuh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Dan ternyata, Ummu Aiman pun ikut dalam perang Uhud dan Khaibar juga menyertai Nabi Muhammad sejak belia. Bahkan, saat Ummu Aminah binti Wahab wafat dalam perjalanan pulangnya dari ziarah ke makam ‘Abdullah, Ummu Aimanlah yang menggendong dan membawa pulang Nabi kemudian merawatnya bersama istri Abu Thalib.

Dalam buku 'Mereka adalah Para Shahabiyat' diceritakan bahwa RasulullahShallallahu alaihi wa sallam memuliakan Ummu Aiman ini, Rasulullah sering mengunjunginya dan memanggilnya dengan kata ,"Wahai ibu...". Tentang Ummu Aiman, Rasulullah pun pernah bersabda :

"Beliau (Ummu Aiman) adalah termasuk ahli baitku." Beliau juga bersabda : "Ummu Aiman adalah ibuku setelah ibuku," (HR Al-Hakim)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut