get app
inews
Aa Read Next : Open House Lebaran, Bima Arya Titip ke Tokoh Lintas Agama Jaga Keberagaman

Dukung Raih Piala Adipura, RSBS Peduli Pejuang Kebersihan Kota Bogor

Minggu, 04 Desember 2022 | 14:07 WIB
header img
Wakil Walikota Dedie Rachim, Ketua RSBS Kota Bogor Subhan, Wasekjen DPP Demokrat Agus Jovan Latuconsina, Ketua DPC Demokrat Kota Bogor Anita P Mongan berfoto dengan petugas sapu jalan (Pesapon) DLH Kota Bogor. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Ribuan warga tumpah ruah mengikuti jalan sehat dan senam di halaman mall Ramayana Tajur, dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 1, Relawan Siaga Baraya Subhan (RSBS) Kota Bogor, Minggu 4 Desember 2022.

Dalam acara itupun, RSBS memberikan kepedulian dengan membagikan amplop berisikan uang serta 50 paket sembako kepada para pesapon (Petugas penyapu jalan) dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor.

Ketua RSBS Kota Bogor, Subhan mengatakan, RSBS sudah berkiprah selama satu tahun dengan melakukan berbagai kegiatan, baik sosial, keagamaan, maupun kemasyarakatan. Keberadaan RSBS juga sudah sangat diterima masyarakat, karena selalu hadir membantu warga.

Pada ulang tahun yang ke satu ini, RSBS juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pejuang kebersihan di Kota Bogor. "Semoga Kota Bogor di tahun 2022 ini, dapat meraih piala Adipura. Kami berterima kasih kepada para Pesapon yang sudah bekerja dan bertugas membersihkan Kota Bogor," ucap Subhan disela acara.

Milad kesatu inipun, lanjut Subhan, dijadikan momentum bagi RSBS untuk terus melakukan kegiatan sosial seperti santunan anak yatim piatu yang sudah dilakukan kemarin, pembagian sembako bagi dhuafa. Acara inipun melibatkan semua unsur masyarakat, termasuk pengurus dan anggota RSBS.

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua tamu undangan yang telah hadir, semoga RSBS ini bisa diterima masyarakat dan bisa membantu tanpa tebang pilih, terutama bagi masyarakat yang betul-betul membutuhkan aluran tangan dari segi kesehatan maupun sosial. Kedepan, RSBS bisa semakin solid, kompak dan bersama-sama membangun kemajuan Kota Bogor," katanya.

Sementara, Wakil Walikota Dedie Rachim mengapresiasi dan mengaku bangga dengan adanya RSBS di Kota Bogor. Relawan yang selalu membantu dan berada di tengah-tengah masyarakat. Terimakasih kepada RSBS yang telah peduli terhadap para penyapu jalan, petugas kebersihan DLH Kota Bogor yang selama ini berjuang 24 jam menjaga kebersihan Kota Bogor sehingga terasa indah, nyaman dan tertib.

"Kami juga tentunya berharap model seperti Kang Subhan ini banyak tumbuh di Kota Bogor. Peduli antar sesama, karena tidak mungkin semua persoalan di Kota Bogor bisa ditangani semua oleh pemerintah. Peran serta masyarakat, tokoh masyarakat, sektor swasta, semuanya kita tunggu. Karena yang namanya pembangunan, kebaikan-kebaikan harus kita konsolidasikan bersama, sehingga kelihatan yang baik dan masih kurangnya, dan kita apresiasi yang baik, dan kurang baik kita perbaiki," jelas Dedie.

Dedie juga sangat berharap Kota Bogor di tahun 2022 ini dapat menyabet piala Adipura. Menurut Dedie, sudah banyak hal yang diperbaiki di sisi hulu, "misalnya kita membuat filter sampah di 13 kelurahan khususnya yang langsung berhubungan dengan sungai Ciliwung. Kemudian kita juga membangun bank sampah di bantu KWT dan berbagai unsur masyarakat dalam menanggulangi sampah di hulu. Sehingga Kota Bogor yang sebelumnya memproduksi sampah sampai 800 ton per hari, sekarang kita bisa tekan menjadi 640 an ton per hari," papar Dedie.

"Tetapi ini masih belum cukup, kita coba juga dihilirnya seperti kita sudah membuat pengolahan sampah plastik, pemilahan dan pemanfaatan sampah plastik. Jadi bisa dilihat ke Galuga bagaimana kita serius menangani sampah disana, banyak hal yang sudah kita perbaiki dan saya optimis masyarakat bisa sangat mendukung sampai meraih Adipura ini," sambungnya.

Acara Milad ke satu RSBS tampak meriah dan menyedot perhatian masyarakat. Ratusan hadiah doorprize disiapkan panitia, seperti TV, Kulkas, Mesin Cuci dan lainnya. Sementara untuk grand prize yaitu 2 unit Sepeda Motor Honda Varion dan Ticket untuk Ibadah Umroh.

Dilokasi, disediakan juga  stand-stand pedagang UMKM. Tampak hadir dalam acara Milad ke satu RSBS, Wasekjen DPP Demokrat Agus Jovan Latuconsina, Sekretaris DPC Demokrat Kabupaten Bogor, M Leo Hananto Wibowo, Ketua DPC Demokrat Kota Bogor Anita Primasari Mongan, Kadis DLH Kota Bogor, Denni Wismanto, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Bogor.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut