get app
inews
Aa Read Next : Jelang Porprov Jabar 2026, KONI Kota Bogor Memulai Test Fisik dan Cek Kesehatan Atlet

Tips Menurunkan Gula Darah secara Alami

Jum'at, 16 Desember 2022 | 10:04 WIB
header img
Tips menurunkan gula darah secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Diabetes adalah kondisi di mana kandungan gula dalam darah melebihi normal dan cenderung tinggi. Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit metabolisme yang mampu menyerang siapa saja.

Secara umum, penyakit Diabetes Melitus (DM) terjadi akibat gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan akumulasi menumpuknya kadar gula dalam darah dan berada di atas ambang batas normal yang bersifat kronis dan jangka panjang.

Komplikasi yang terjadi pada pengidap diabetes mellitus yaitu serangan jantung dan stroke, infeksi kaki yang berat (menyebabkan gangren, dapat mengakibatkan amputasi), gagal ginjal stadium akhir dan disfungsi seksual.

Gula darah tinggi (hiperglikemia) merupakan keadaan tubuh yang tidak bisa membawa gula dari darah ke dalam sel secara efektif. Biasanya, kondisi ini merupakan tanda-tanda penyakit diabetes atau penyakit gula kronis yang berlangsung panjang. 

Adapun tingginya gula darah bisa disebabkan oleh gangguan insulin. Tetapi ada juga karena konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat. Seperti, sering mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan atau makanan dengan tinggi karbohidrat dan rendah serat dapat menjadi pemicu.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kenaikan gula darah secara berlebihan. Yuk, cari tahu tips atau cara menurunkan gula darah secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah berikut ini:

1. Tetap Olahraga

Kelebihan berat badan merupakan salah satu pemicu gula darah tinggi. Dengan rajin olahraga, kamu bisa menurunkan berat dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Saat olahraga, otot kita juga menggunakan gula darah sebagai sumber energi. Alhasil, gula darah akan turun secara alami.

Tidak perlu olahraga berat, kamu bisa mulai dari aktivitas yang ringan seperti jalan santai untuk menurunkan gula darah. Yuk, olahraga sekarang juga!.

2. Hindari Stres

Di era ini, tidak jarang menemukan orang yang stress apapun penyebabnya. Stres merupakan pemicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya gula darah tinggi. 

Meditasi adalah salah satu cara menurunkan gula darah dengan menghilangkan stres. Sisihkan waktu untuk mengosongkan pikiran dari segala beban, belajar bernapas yang benar, dan tubuh kamu akan terasa lebih segar dan lega.

Tentunya, ada banyak cara lain untuk menghilangkan stres. Tapi, tidak ada salahnya mencoba meditasi di waktu luang kan? 

3. Perhatikan Asupan Karbohidrat

Bagi penderita diabetes, pastinya pernah mendengar dampak negatif karbohidrat ya. Tubuh kita memecah karbohidrat menjadi gula dan glukosa, lalu insulin bekerja memindahkan gula ke dalam sel. Tentunya kerja insulin ada batasnya.

Saat kamu mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak, insulin gagal memindahkan gula sehingga kadar gula darah naik. 

Mulailah untuk konsumsi makanan low glycemic-index (GI) atau indeks glikemik rendah dari sekarang. Contohnya seperti beras merah, sayur, buah, kacang, dan yogurt. Jenis makanan ini bisa membantu menstabilkan gula darah.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan yang berserat tinggi memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula dalam tubuh. Hal ini mencegah gula darah melonjak naik dengan cepat. Selain menstabilkan gula darah, makanan tinggi serat juga bisa menahan nafsu makan. Cocok untuk konsumsi setiap hari.

Beberapa makanan tinggi serat yang bisa kamu pilih seperti buah-buahan, sayur, oatmeal, makanan dari gandum, dan kacang-kacangan. Hati-hati, ada banyak produk tinggi serat yang disertai dengan gula. Untuk menurunkan gula darah, kamu tentunya harus menghindari dari gula.

5. Minum Banyak Air

Tahukah kamu, salah satu cara alami tubuh untuk menurunkan gula darah adalah melalui buang air kecil? Gula yang berlebihan dibuang melalui urin agar kadar gula darah tetap stabil. Dengan kata lain, Kalau tubuh kekurangan cairan, gula akan cenderung lebih sulit dikeluarkan dan menetap di dalam tubuh kita. Hal ini menyebabkan gula darah yang tinggi. 

Karena itu, jangan lupa minum air sebanyak delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Dengan ini kamu tidak akan dehidrasi dan kadar gula menjadi stabil.

strip gula darah
Kini mengecek gula darah tak perlu repot, cukup di rumah dengan strip gula darah praktis!

6. Konsumsi Elektrolit dan Suplemen Magnesium

Ketika kita sering buang air kecil karena gula darah tinggi, tubuh kita akan kehilangan cairan dan elektrolit. Elektrolit seperti magnesium, potassium, sodium, dan fosfat diperlukan agar tubuh tetap terhidrasi dan organ berfungsi dengan baik.

Untuk mengembalikan elektrolit, kamu minum sports drink rendah gula seperti Pocari Sweat atau susu rendah lemak. Menurut studi, magnesium memiliki peran penting dalam mengurangi gula darah. Biasanya penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi magnesium sebanyak 250-350 mg. 

Magnesium bisa kamu dapat melalui makanan antara lain pisang, ubi, dan kacang-kacangan. Atau bisa diperoleh dari suplemen magnesium yang lebih praktis. 

7. Perhatikan Jumlah Asupan Porsi

Porsi makanan merupakan faktor penting untuk menurunkan gula darah. Mengontrol porsi bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga lonjakan gula darah. 

Beberapa cara mudah untuk mengontrol porsi makan seperti belajar menghitung kalori, gunakan ukuran piring lebih kecil, dan makan lebih lambat, bisa membantu kamu menguasai diri. 

8. Tidur yang Cukup

Tidur adalah cara menurunkan gula darah paling sederhana dan mudah. Asam lemak dalam tubuh secara alami turun saat tidur di malam hari. Asam lemak ini berperan penting dalam mengatur insulin dan mencegah gula darah tinggi. Selain itu, kamu tendensi lebih mudah stress dan cepat lapar kalau kekurangan tidur.

Saat tidur, kamu harus perhatikan kuantitas dan kualitas tidur. Disarankan untuk tidur minimum 7 jam. Tingkatkan kualitas tidur dengan cara seperti menghindari kafein beberapa jam sebelum tidur, jangan terlalu lama tidur siang, atau mengonsumsi suplemen melatonin.

9. Konsumsi Suplemen Vitamin D

Dalam sebuah studi, orang yang mengonsumsi vitamin D secara rutin memiliki kadar gula darah yang lebih stabil. Vitamin D ini bermanfaat meningkatkan kerja sel pankreas dalam memproduksi insulin. 

Suplemen Vitamin D sangat direkomendasikan untuk diabetes tipe 2. Namun, sebaiknya tanyakan dokter terlebih dahulu karena suplemen ini bisa mempengaruhi beberapa jenis obat. 

10. Konsumsi Cuka Apel

Cuka apel atau apple cider vinegar (ACV) terbukti mengandung banyak khasiat untuk kesehatan, dari kulit, pencernaan, hingga gula darah.  Dalam sebuah penelitian, orang yang rutin mengonsumsi cuka apel memiliki kadar gula darah yang lebih rendah.

Tambahkan cuka apel ke dalam diet sehari-hari mu, baik sebagai salad dressing atau bumbu masak. Kamu juga bisa membuat ramuan cuka apel. Campurkan 2 sendok teh cuka apel dan sedikit bubuk kayu manis ke 1 gelas air. Minum ramuan ini secara rutin agar terasa manfaatnya

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut