get app
inews
Aa Read Next : Pasangan Sri Kuncoro dan Santoso Sabet Juara Turnamen Tenis Veteran Ktenzpo Cup 2024

Gerakan Pramuka Kwarcab Belitung Lakukan Kunker ke Kwarcab Kabupaten Bogor

Sabtu, 17 Desember 2022 | 17:18 WIB
header img
Gerakan Pramuka Kwarcab Belitung Lakukan Kunker ke Kwarcab Kabupaten Bogor. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

BOGOR, iNewsBogor.id - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor menerima kunjungan silaturahmi dari Kwarcab Belitung, di Graha Pandu, Jalan Segar III, Komplek Pemda Cibinong, pekan lalu.

Rombongan yang berjumlah 25 orang itu diterima Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor, Agus Ridallah dengan didampingi Sekretaris Cabang, Kosasih, dan jajajan pengurus lainnya.

Kosasih menyambut baik kunjungan dari Kwarcab Belitung, karena akan terjalin silaturahmi juga saling menyemangati dalam kegiatan pendidikan, dan pelatihan pramuka.

Ia menyampaikan, Kwarcab Kabupaten Bogor sering menjadi tujuan kunjungan oleh Kwarcab lain karena dianggap berhasil melaksanakan kegiatan pramuka dengan berbagai prestasi yang diperoleh.

"Dengan kunjungan seperti ini sebenarnya, semua saling belajar dan menyandingkan apa yang dilaksanakan kedua Kwarcab. Intinya silaturahmi, dan mereka terkesan dengan kegiatan Gelar Senja yang kami adakan setiap tanggal 14,” kata Kosasih, Sabtu (17/12/2022).

Kebetulan, sambung Kosasih, kunjungan tersebut bertepatan dengan tanggal 14. “Mereka terkesan dengan Kegiatan Gelar Senja dan akan dilaksanakan juga di Belitung nantinya. Gelar Senja atau penurunan bendera merah putih dikolaborasikan dengan ketangkasan, keterampilan kepramukaan, kesenian dan juga kebudayaan,” jelasnya.

Kosasih melanjutkan, Gelar Senja atau upacara penurunan bendera merah putih yang dikolaborasikan dengan ketangkasan, keterampilan kepramukaan, kesenian dan kebudayaan merupakan upaya Kwarcab Kabupaten Bogor untuk membangkitkan semangat anggota Pramuka.

Ia menambahkan, selain kegiatan seni budaya, ketangkasan, keterampilan dan bela negara, tentunya Gelar Senja juga menjadi sarana untuk menjaga kekompakan, berbagi ilmu, sharing informasi, dan ajang untuk berani beraksi, serta menjadi wadah untuk melatih generasi muda agar tangkas terampil dan percaya diri.

“Kwarcab Belitung bakal menerapkan hal itu setelah melakukan study banding ke sini,” pungkas Kosasih. 

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut