get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kesabaran Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Dituduh Sembunyikan Pukulan Bedug hingga Diusir

Berikut Oleh oleh Khas Kota Bogor, No 9 Paling Dicari

Jum'at, 30 Desember 2022 | 23:35 WIB
header img
Oleh oleh khas Kota Bogor. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Kota hujan dan kota sejuta angkot, sebutan yang melekat untuk Kota Bogor. Kota yang masih tetap menjadi destinasi wisata dari para warga kota lain seperti Sukabumi, Jakarta dan sekitarnya. Selain menyuguhkan panorama keindahan alamnya, Bogor juga memiliki banyak ciri khas salah satunya adalah oleh-oleh.

Oleh-oleh yang merupakan buah tangan dari seseorang ketika mengunjungi suatu tempat atau luar daerah bahkan luar negeri, untuk keluarga maupun kolega. Oleh- oleh bisa berupa makanan khas ataupun kerajinan.

Kota Bogor sendiri, memiliki beberapa macam makanan khas yang bisa menjadi rekomendasi oleh-oleh untuk para pelancong yang sedang berlibur, diantaranya yaitu :

1. Talas Bogor
Talas ketan yang dikenal dengan nama talas bogor atau talas lambao adalah hasil seleksi Balai Penelitian Pertanian di Bogor, yang dulu dikenal dengan nama Algemene Proefstation de Landbouw. Biasanya banyak dijual di pinggir jalan, baik itu mentah atau bahkan sudah menjadi cemilan seperti talas kelapa.

2. Roti Unyil Venus
Bagi Anda yang sudah sering mengunjungi Kota Bogor, mungkin tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Roti Unyil Venus menjadi oleh-oleh khas Bogor yang cukup populer. Dinamakan roti unyil, karena bentuk dan ukurannya yang kecil dan dapat dinikmati hanya dengan sekali lahap.

Lokasi oleh-oleh Roti Unyil Venus ini terletak di Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran Nomor 1, Sukasari, Bogor. Roti ini menyediakan berbagai varian rasa seperti rasa pisang coklat, talas, pisang keju, sosis dan masih banyak lagi. Buka mulai dari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

3. Bolu Lapis Sangkuriang
Berdiri sejak 2011, Lapis Bogor Sangkuriang merupakan pencetus pertama lapis yang menggunakan bahan dasar talas. Kelezatan dan kelembutan lapis sangkuriang telah terkenal dan menjadi pilihan favorit oleh-oleh khas Bogor.

Bolu ini tersedia dalam berbagai varian rasa dan toping yang beragam. Kamu bisa memilih mulai dari topping keju, choco chip sampai rainbow chip. Dengan dominasi warna kuning dan ungu, Talas Bogor Sangkuriang ini bisa ditemukan dan tersebar di beberapa toko.

4. Macaroni Panggang Bogor
Serupa dengan macaroni schotel, namun tekstur macaroni panggang ini lebih garing diluar serta lembut didalam. Disajikan di atas aluminium foil, macaroni panggang dibuat dengan paduan macaroni, keju, susu, daging dan aneka bumbu spesial lainnya yang akan membuat siapa saja merasa ngiler.

Oleh-oleh macaroni panggang ini menawarkan dua pilihan yaitu biasa dan spesial. Perbedaannya terletak pada tambahan jamur shitake dan smoke beef untuk macaroni panggang spesial.

5. Pia Apple Pie
Makanan satu ini cukup populer bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya. Tempat ini merupakan restoran dengan bentuk rumah bergaya klasik. Berlokasi di Jalan Pangrango Nomor 10, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Seperti namanya, menu andalan dan favorit di sini yaitu pie apple yang menyerupai hati dengan ukuran cukup besar. Cocok dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh. Mempunyai tekstur garing dan renyah dan tebal di luar dipadukan dengan selai apel lembut akan memanjakan lidah.

6. Kacang Bogor Istana
Kacang Bogor Istana merupakan olahan kacang yang garing, renyah dan tahan lama.Kacang goreng ini tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari original, balado, barbeque hingga keju. Outlet resmi dari Kacang Bogor Istana ini terletak di Jalan Babakan Raya, Nomor 37, Dramaga, Bogor. Dengan harga berkisar Rp17.500.

7. Keripik Mbah Gugel
Buat Anda penyuka makanan dan camilan pedas wajib coba kudapan yang satu ini. Keripik Mbah Gugel merupakan keripik berbahan dasar singkong yang tersedia dalam level kepedasan yang berbeda.

Selain keripik singkong yang menjadi andalan, Keripik Mbah Gugel juga menyediakan camilan basreng atau baso goreng. Keripik mbah gugel ini bisa dipesan online dan merupakan hasil kreasi anak muda di Bogor.

8. Miss Pumpkin
Tempat ini menjajakan oleh-oleh khas Bogor berupa brownies dan bolu yang berbahan dasar labu. Usaha ini merupakan bentuk kreatifitas warga Bogor. Di tangan yang tepat, labu bisa diubah dan diolah menjadi kue yang enak dan lezat.

Miss Pumpkin menyediakan brownies dan bolu dengan varian rasa seperti original, jeruk, cokelat dan green tea. Terletak di Jalan Pajajaran Ruko, Nomor 84 H, toko ini selalu ramai pembeli hingga rela mengantre untuk bisa mendapat kue khas bogor ini.

9. Asinan Bogor
Oleh-oleh khas Bogor yang cukup legendaris ini masih memiliki pelanggan setia hingga saat ini. Camilan yang sudah ada sejak dulu biasa disebut dengan asinan Bogor, bahkan ada sebuah toko yang sudah ada sejak 1978 yaitu Asinan Sedap Gedung Dalam.

Asinan buah dan sayur yang dijual diolah dengan cara khusus dan tidak menggunakan bahan pengawet serta dimasak dengan gula asli. Toko legendaris ini terletak di Jalan Siliwangi No.27 atau di Jalan Pajajaran No.1 Ruko.V dengan harga mulai dari Rp18.000.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut