get app
inews
Aa Read Next : Pelatihan Perlindungan Masyarakat Adat Kolaborasi NLC dan ADB Digelar di Makassar

Indonesia Bentrok Singapura Semi Final Piala AFF, Waspadai Tuah National Stadium

Selasa, 21 Desember 2021 | 12:51 WIB
header img
Indonesia akan menghadapi Singapura di babak semifinal Piala AFF 2020. Keduanya akan bertempur dua kali di lokasi sama, yang merupakan tempat favorit tuan rumah. Foto: AFF Cup

Namun, bukan kali ini saja Indonesia dan Singapura bertemu di Piala AFF. Pada edisi 2018, keduanya sempat bentrok dimana The Lions menang 1-0 di Grup B. 

Duel Indonesia vs Singapura juga terjadi di Grup A Piala AFF 2016. Saat itu skuad Garuda menang 2-1. Begitu juga pada 2012. Kala itu tim Merah Putih menang 1-0 di laga kedua Grup B.

Indonesia dan Singapura juga pernah terlibat perebutan gelar juara di Piala AFF 2004. Hanya saja, Singapura keluar sebagai juara lantaran menang 3-1 dan 2-1 alias unggul agregat 5-2. Secara teknis, Indonesia lebih berpengalaman di babak gugur Piala AFF. Sejak terlibat pada 1996, tim Merah Putih sudah delapan kali masuk fase ini, termasuk tiga kali jadi finalis.

Namun, Indonesia tidak pernah berhasil jadi juara. Ini berbeda dengan Singapura. Walau baru lima kali merasakan babak gugur, mereka sudah empat kali berjaya pada 1998, 2004, 2007 dan 2012. Artinya, Singapura lebih berprestasi di Piala AFF ketimbang Indonesia. Apalagi pada edisi 2007, mereka keluar sebagai juara dengan status salah satu tuan rumah.

Di Piala AFF 2007, Singapura juga meladeni Indonesia di laga penutup Grup B dengan skor 2-2 di National Stadium, Kallang. Akibat hasil itu Indonesia harus tersingkir lantaran terdampar di posisi tiga, meski perolehannya dengan Singapura dan Vietnam sama-sama lima poin. Selanjutnya, saat semifinal, Singapura menahan Malaysia 1-1 di Shah Alam Stadium, Shah Alam. Hasil serupa terjadi saat bentrok di National Stadium, Kallang.

Alhasil , agregat imbang 2-2. Namun, Singapura menundukan Malaysia 5-2 lewat adu penalti dan akhirnya bentrok Thailand. Di final, Singapura menang 2-1 di National Stadium, Kallang. Lalu, imbang 1-1 di Suphachalasai Stadium, Bangkok dan akhirnya jadi juara.
Melihat catatan itu, Singapura cenderung jarang kalah saat tampil di National Stadium, Kallang. Ini yang harus diperhatikan Indonesia karena dua laga semfinal digelar di lokasi itu

 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut