get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kesabaran Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Dituduh Sembunyikan Pukulan Bedug hingga Diusir

RS Salak Bogor Terbakar Hebat, Sempat Terdengar Ledakan Hingga 14 Unit Mobil Damkar Dikerahkan 

Jum'at, 07 April 2023 | 20:09 WIB
header img
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Teguh Bismo Prakoso. Foto: iNewsBogor.id/Ifan JS

BOGOR, iNewsBogor.id - Si jago merah melalap habis salah satu bangunan Rumah Sakit Salak Bogor di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (7/4/23).

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 13.23 WIB menghanguskan ruangan bagian farmasi dan ruang medical check up.

Wali Kota Bogor, Bima Arya langsung meninjau lokasi kebakaran gedung rumah sakit, dugaan sementara diungkapkan kebakaran terjadi karena korsleting listrik yang menjalar ke ruangan penyimpanan bahan kimia dan obat-obatan.

"(Diduga) akibat korsleting listrik di seputaran medical check up. Kemudian api menjalar ke ruangan apotek," ujar Walikota Bogor, Bima Arya.

Bima menyebut, sejauh ini situasi di lokasi kejadian sudah terkendali. Ia menuturkan, belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun luka-luka akibat peristiwa tersebut.

"Sejauh ini Alhamdulillah belum ada laporan korban jiwa maupun luka-luka. Tetapi tentu masih harus kita pastikan setelah api padam semua dan kita cek semua ke dalam," ungkap Bima.

Bahkan, Petugas dan warga pun sempat dikejutkan dengan suara ledakan dari dalam ruangan, terdengar beberapa kali suara ledakan dari dalam ruangan yang terbakar. Ledakan cukup keras terdengar dari ruangan yang terbakar api itu. Belum diketahui pasti asal suara ledakan itu. 

"Iya tadi ada suara ledakan, lumayan keras sih, cukup kaget dan hampir smua disni mendengar pastinya ya," kata Rifan, salah satu warga di lokasi kejadian.

Sementara itu dilokasi yang sama, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengatakan terkait pengecekan terjadinya kebakaran, pihaknya akan melakukan pemeriksaan, olah TKP oleh Tim Puslabfor Mabes Polri.

"Besok 8 April 2023 akan dilakukan pengecekan oleh tim forensik untuk memastikan terjadinya kebakaran di Rumah Sakit Salak ini, dan besok Kami akan memasang Police Line," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Bismo, pasien Rumah Sakit tidak terdampak, karena ini bagian depan Rumah Sakit atau bukan ruangan pasien. 

"Karena hari libur, pelayanan rumah sakit libur, dan pasien pun tidak terdampak, namun ada sebagian yang di evakuasi," katanya.


Tim Petugas Damkar saat menjinakan kobaran api di Rumah Sakit Salak Bogor. Foto: iNewsBogor.id/Ifan JS

Masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bogor Samson Purba mengatakan, api berhasil dipadamkan dan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan mengerahkan 14 Damkar, 8 Kota Bogor dan 6 unit dari Kabuapten Bogor.

"Alhamdulillah api sudah padam, proses pemadaman dilakukan kurang lebih 1,5 jam karena banyaknya bahan kimia, namun kondisi disini api sudah padam, dipastikan tidak ada lagi titik api, tidak ada korban jiwa, tetapi kami tetap jaga untuk piket, sementara informasi yang di dapat karena dari korsleting listrik," pungkasnya.

 

 

 

 

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut