get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Mengenal Oli Jepret, Jajanan Tradisional Bogor yang Hilang Termakan Zaman

Senin, 24 April 2023 | 14:15 WIB
header img
Oli Jepret bagi warga Bogor mungkin sudah tak asing dengan nama makanan khas yang satu ini. Apa sih Oli Jepret? Foto: IG pinotjohnny

BOGOR, iNewsBogor.id - Oli Jepret bagi warga Bogor mungkin sudah tak asing dengan nama makanan khas yang satu ini. Apa sih Oli Jepret?

Jajanan tradisional Oli Jepret ini semakin hari keberadaanya tergeser dan tergantikan dengan makan-makanan modern.

Oli Jepret adalah jajanan tradisional, dari kota Hujan, Bogor yang bahan dasar pembuatannya dari singkong. Singkong yang digunakan akan diparut, diperas untuk memisahkan air dan ampasnya, lalu dikukus, dan ditumbuk. 

Hasil dari proses tersebut adalah bongkahan singkong kukus berwarna putih, mirip uli dari ketan. Oli biasanya dibentuk bulat-bulat dan disajikan dengan taburan serundeng yang telah disangrai serta gula pasir. 

Kelapa yang telah disangrai, kemudian ditumbuk hingga halus dan sedikit berminyak lalu diberi garam serta gula pasir.  Oli jepret memilki perpaduan rasa gurih dan manis.

Disebut dengan Oli Jepret, dikarenakan tekstur oli dari singkong lebih kenyal dibanding dengan oli dari ketan. Bahkan untuk memotongnya, sulit dipotong menggunakan pisau, dan sebagian harus ditarik dengan tangan.

Teksturnya yang sulit seperti karet inilah yang kemudian menghasilkan pemamaan ‘jepret’ meskipun saat ditarik tak sampai menghasilkan bunyi yang demikian.

Oli Jepret Mang Asep

Kehadiran Oli Jepret yang sudah langka, masih menyisakan satu atau dua pedangan Oli Jepret yang ada saat ini. Salah satunya adalah Oli Jepret Mang Asep, yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Oli Jepret Mang Asep ini telah ada sejak tahun 1928 , yang telah diteruskan dari generasi ke generasi. Dimana dirinya adalah generasi ke-5.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut