get app
inews
Aa Read Next : KONI Kabupaten Bogor Dukung PORDASI Jadi Tuan Rumah Cabor Equestrian Porprov Jabar 2026

Diduga Kelaparan Kawanan Monyet Liar Turun Gunung, Serbu Sekolah di Ciampea Kabupaten Bogor

Selasa, 13 Juni 2023 | 22:15 WIB
header img
Diduga Kelaparan Kawanan Monyet Liar Turun Gunung, Serbu Sekolah di Ciampea Kabupaten Bogor. (Foto : iNewsBogor.id/Wildan)

BOGOR, iNewsBogor.id - Para guru dan siswa SMA Negeri 1 Ciampea Kabupaten Bogor digegerkan oleh kehadiran ratusan monyet liar yang tiba tiba memasuki kawasan sekolah, Selasa, (13/6/2023).

Ratusan monyet liar ini turun gunung diduga kehabisan makanan dan bergerombol memasuki kawasan sekolah. Kehadiran kawanan monyet liar ini tak ayal mengagetkan pihak sekolah.

Monyet ekor panjang ini terlihat menaiki atap sekolah sebagian diantaranya berusaha mengais makanan sisa bawaan para siswa. Meski sepintas tidak membahayakan namun kondisi ini membuat sebagian para siswa merasa takut.

Salah seorang siswa, Braja mengaku sejak dirinya masuk sekolah kerap melihat kawanan monyet liar itu di halaman sekolah dan tak menghirauknnya.

"Sudah sering liat banyak monyet masuk halaman sekolah, saya diemin aja monyet monyet itu mengais makanan sisa. Kadang takut juga takut dicakar digigit," ujarnya.

Terkait fenomena keberadaan kawanan monyet terebut, Humas SMA Ngeri 1 Ciampea Dadang Suwanto menyebut, sejak tahun 1998 dirinya aktif di sekolah, peristiwa itu sering diihatnya.

"Sejak tahun 1998 fenomena kawanan monyet turun gunung sudah terjadi sepertinya menyatu dengan masyarakat karena habitat alamnya di Gunung Kapur Ciampea dirubah jadi hutan jati akibatnya kehabisan makanan dan mencarinya di lingkungan masyarakat sekitar," kata Dadang.

Kendati demikian, Dadang berharap ada atensi dari instanai terkait agar keberadaan kawanan monyet itu tidak berujung membahayakan para siswa.


Penampakan kawanan monyet berkeliaran di halaman SMA Negeri 1 Ciampea. (Foto : iNewsBogor.id/Wildan)

 

"Kami pihak sekolah meminta ini jadi perhatian instansi terkait jika terus dibiarkan kawanan monyet itu dalam keadaan lapar bisa mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah," pungkasnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut