get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Bogor Targetkan Raih Predikat Utama KLA 2024

Gerakan 1.000 USG Payudara Gratis di Kota Bogor

Rabu, 21 Juni 2023 | 17:25 WIB
header img
Syarifah Sofiah, Sekda Kota Bogor. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

Apresiasi diungkapkan Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah atas kolaborasi Pemkot Bogor dengan Lovepink, komunitas yang bergerak pada kepedulian pemeriksaan kanker payudara di RSUD Kota Bogor. Mereka menargetkan 1.000 perempuan dalam waktu lima hari mulai Senin - Kamis dan Sabtu.  

Untuk membantu pelaksanaan USG, didatangi tim dokter dari RSCM lengkap dengan peralatannya sehingga masyarakat, khususnya para perempuan di Kota Bogor yang secara finansial sangat terbantu untuk melakukan deteksi dini. Jika tarif umum membutuhkan biaya sebesar Rp 640 ribu.

Ditanya terkait penanganan pasien kanker oleh Ketua Yayasan Kanker Kota Bogor, Dirut RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir menjelaskan, kunjungan pasien kanker di RSUD Kota Bogor, khususnya yang menjalani kemoterapi jumlahnya mencapai 80 sampai 100 pasien setiap hari dan untuk yang operasi pasiennya mencapai 10 - 20 orang.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini pencegahan penyakit kanker stadium lanjut di Kota Bogor jauh lebih bisa tertangani," harapnya.

Ketua Umum Yayasan Daya Dara Indonesia atau Lovepink, Samantha Barbara menjelaskan, Gerakan 10.000 pemberian USG payudara gratis merupakan kegiatan berbagi bagi perempuan  yang kurang mampu untuk mendeteksi kanker payudara. Ia merasa senang mendapat dukungan semua pihak, utamanya RSUD Kota Bogor.

"Kami sangat berterima kasih kepada RSUD Kota Bogor telah menjadi mitra kami sehingga kami menjalankan kegiatan ini. Lovepink merupakan wadah komunitas yang berisikan para perempuan dengan kanker payudara dan para survival yang telah selesai menjalani pengobatan dengan misi edukasi bagi para perempuan terkait informasi tentang kanker payudara sedini mungkin. Itu lebih baik daripada mengobati, deteksi dini menjadi langkah awal yang baik agar biayanya lebih murah," kata Samantha.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut