get app
inews
Aa Read Next : Kronologi Jatuhnya Pesawat SAM Air di Papua Pegunungan

Pesawat SAM AIR Hilang Kontak di Yalimo Papua Pegunungan

Jum'at, 23 Juni 2023 | 16:09 WIB
header img
Ilustrasi Pesawat SAM Air.

JAKARTA, iNewsBogor.id - Pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM AIR) jenis Gran Caravan dengan nomor penerbangan PK-SMW hilang kontak di Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat, 23 Juni 2023, siang.

Pesawat itu hilang kontak saat melakukan penerbangan dari Bandara Elelim menuju Bandara Poik, Kabupaten Yalimo.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga SAR Jayapura, Marinus Ohoirat mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari Airnav Sentani terkait pesawat SAM Air hilang kontak pada pukul 12.11 WIT.

“Jadi tadi pada pukul 12.11 WIT kami dapat informasi dari Airnav Sentani kalau ada pesawat PK-SMW dari Elelim tujuan Bandara Poik. Harusnya pesawat terbang pukul 10.53 WIT dan rencana tiba pukul 11.06 WIT. Namun setelah pesawat terbang di waktu yang harusnya tiba, pesawat belum tiba,” kata Marinus, melalui sambungan telepon, Jumat (23/6/2023).

Ia menjelaskan, setelah SAR Jayapura melakukan koordinasi dengan Airnav dan SAM AIR dinyatakan pesawat hilang kontak 7 menit setelah pesawat terbang.

“Jadi pesawat itu dari Elelim tujuan Poik membawa 6 orang penumpang yakni dua Creuw dan 4 orang penumpang. Sampai saat ini belum diketemukan keberadaan pesawat,” ujarnya.

Marinus menyebutkan, SAR Jayapura telah melakukan koordinasi dengan SAM AIR dan telah dilakukan pencarian dari Wamena menggunakan pesawat Pilatus menuju lokasi lokasi hilang kontak.

“Pencarian menggunakan helikopter pun sudah dilakukan, tapi belum diketahui keberadaan pesawat,” terangnya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut