get app
inews
Aa Read Next : Ketua Mahkamah PPP Ajak Semua Komponen Bangsa Bersatu Pasca Terpilihnya Prabowo-Gibran

Gaya Pidato Unik Tiga Bacapres di Arena Rakernas APEKSI 2023 Makassar

Jum'at, 14 Juli 2023 | 16:04 WIB
header img
Gaya Pidato Unik Tiga Bacapres di Arena Rakernas APEKSI 2023 Makassar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Tiga bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto menghadiri Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (13/7/2023).

Ketiga bacapres tersebut diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato, memaparkan visi mereka mengenai Indonesia masa depan andai kata kelak mereka menerima amanat rakyat memegang nahkoda kepresidenan di republik ini.

Dalam kesempatan itu, Ganjar, Anies dan Prabowo memaparkan beragam isu, mulai dari kelanjutan IKN, korupsi hingga pembangunan infrastruktur.

Satu hal yang menarik di luar materi ialah gaya mereka berpidato. Ketiganya punya gaya khas masing-masing.

Ganjar Pranowo, tampil sebagai pembicara pertama. Dalam pidatonya, Gubernur Jawa Tengah itu mengulas sedikitnya tiga isu prioritas, yakni korupsi, lingkungan hidup dan birokrasi dalam pemerintahan.

Seperti biasa, politikus PDI Perjuangan itu tampil dengan gaya khasnya, lincah, santai dan ringan. Ia juga komunikatif. Tak jarang Ganjar melemparkan senyum pada para peserta rakernas, menunjuk salah satu peserta dan sesekali tertawa ketika membahas paparannya.

Setelah Ganjar turun podium, kesempatan kedua diberikan kepada Anies Baswedan. Serupa dengan Ganjar, Anies juga tampak santai ketika memberikan paparannya.

Ia juga aktif berjalan di atas panggung, sambil sesekali melempar senyum. Seperti biasa, Anies menekankan isu tata ruang perkotaan dalam paparannya, di samping isu pendidikan, lingkungan hidup serta hiruk pikuk perilaku masyarakat DKI Jakarta.

Anies turun panggung, tiba giliran Prabowo Subianto. Ia menjadi pembicara pamungkas dalam acara tersebut.

Berbeda dengan kedua pembicara sebelumnya yang tampak santai, Prabowo terlihat sangat formal. Ia tak beranjak dari podium selama pemaparan gagasannya dengan gaya yang tegas.

Diminta untuk membahas mengenai masalah perkotaan, Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra itu justru membahas masalah pertahanan dan hilirisasi.

Prabowo dalam pemaparan materinya itu beberapa kali mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang ia nilai telah berhasil dalam menjalankan tugasnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut