get app
inews
Aa Read Next : Sampah Jas Hujan Plastik Penuhi Area Konser Pasca HITC Jakarta Festival Head In The Clouds 2022

Minimalisir Sampah Plastik, Le Minerale Gandeng SMPN 7 Kota Bandung Kampanyekan Tumbler 7

Jum'at, 08 September 2023 | 07:52 WIB
header img
Minimalisir Sampah Plastik, Le Minerale Gandeng SMPN 7 Kota Bandung Kampanyekan Tumbler 7. (Foto : Istimewa)

BANDUNG, iNewsBogor.id - Kampanye penggunaan tumbler gencar dilakukan banyak pihak sebagai upaya pengendalian mengurangi sampah plastik khususnya di Kota Bandung. Dan kali ini kampanye penggunaan tumbler dilakukan Le Minerale menyasar kalangan pelajar dengan menggandeng SMPN 7 Kota Bandung, mengkampanyekan penggunaan tumbler di sekolah melalui program 'Tumbler 7', bertujuan menyediakan air minum yang lebih sehat, lebih aman dan juga dapat mengurangi sampah plastik, berlangsung di SMPN 7 Kota Bandung, Rabu, (6/9/2023) lalu.

Kepala SMPN 7 Bandung, Lukman Surya Saputra meyakini inisiatif ini akan membangun kesadaran siswa, bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga kepedulian lingkungan. Menurut Lukman, budaya membawa tumbler ke sekolah juga sebagai proteksi kesehatan bagi siswa. Menggunakan tumbler, bermanfaat guna memenuhi kebutuhan konsumsi air siswa dan lebih dari itu terjamin kesehatannya.

“Ini luar biasa sekali, seandainya 900 siswa membawa tumbler ke sekolah maka sampah kecil akan banyak berkurang. Selain itu, membawa tumbler ke sekolah maka dapat membantu memenuhi kebutuhan air untuk menjaga kesehatan. Salah satu faktor yang menyebabkan anak sekarang banyak sakit adalah kurangnya cairan tubuh, dan juga apa yang dikonsumsi tidak terjamin aman dan sehat,” ujarnga saat launching program Tumbler 7, Rabu (6/9/2023).

Lukman juga menyampaikan alasannya bekerja sama dengan Le Minerale, karena ia yakin akan kualitas. “Komitmen kami adalah selalu memberikan yang terbaik untuk siswa SMPN 7, olehkarenanya kami bekerjasama dengan Le Minerale untuk menyediakan air minum yang sehat, aman danbersih. Kami tahu bahwa galon Le Minerale terjamin sehat karena memiliki kandungan mineral baik,selain itu dari pencarian yang kami lakukan, kami mendapati bahwa Le Minerale kemasannya dari PET yang bebas BPA, oleh karenanya kami yakin ini sangat aman dikonsumsi oleh siswa- siswi kami,” tandasnya.

Sementara itu, Le Minerale mengapresiasi inisiasi yang diperlihatkan Komite SMPN 7 Kota Bandung dan disambut baik pula oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung juga Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung.

Head of Public Relations and Digital Le Minerale Yuna Eka Kristina menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan komunitas sekolah atas program Tumbler 7 ini. "Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Suatu kebanggaan bagi Le Minerale dapat dipercaya menjadi pilihan yang aman, sehat dan higienis bagi siswa- siswi di Bandung. Sudah menjadi komitmen kami untuk senantiasa menghadirkan air mineral yang bukan hanya baik dalam memenuhi kecukupan cairan tubuh, namunjuga membantu mencukupi asupan mineral agar siswa- siswi memiliki kebugaran dan daya tahan tubuh yang baik." ujarnya.

Yuna mengatakan, selain dari sisi kesehatan, misi sekolah ini sejalan dengan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale yang telah diimplementasikan sejak tahun 2021 yang lalu. Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale sebagai bentuk dukungan pada pemerintah dalam mengurangitimbunan sampah, khususnya sampah plastik.

Komitmen diperlihatkan Le Minerale yang memiliki kemasan galon terbuat dari PET berukuran lebih besar sehingga berkontribusi dalam mengurangi sampah. Lain daripada itu memiliki nilai jual ekonomis di industri daur ulang untuk dijadikan produk kerajinan dakron, boneka, baju, sepatu dan tas. Gerakan ekonomi sirkular akan membawa dampak positif bagi para pemulung, pelapak dan penggerak industri daur ulang lainnya.

Senada, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung Dudi Prayudi juga sependapat program penggunaan tumbler mampu mengurangi sampah plastik kemasan kecil. Menurutnya lewat program tersebut, anak-anak akan terbiasa menggunakan tumbler sebagai medium untuk minum. Program ini, juga akan mendorong kebiasaan mengurangi penggunaan plastik kemasan kecil yangberpotensi tercecer dan tidak terpilah, hingga menumpuk jadi sampah.

“Kami sangat mendukung program penggunaan tumbler yang dapat terus mengisi ulang dari galon Le Minerale ini. Dengan menggunakan kemasan yang lebih besar, kita akan berkontribusi dalammengurangi sampah-sampah plastik kemasan kecil. Kalau kemasan besar seperti ini, potensinya menjadi timbunan sampah akan berkurang. Program Tumbler 7 yang bekerjasama dengan Le Minerale ini, akan membantu pemerintah kota Bandung dalam mengurangi sampah,” kata Dudi.

Dudi pun menjelaskan program ini juga relevan dengan program Kang Pisman yang dimiliki KotaBandung, yakni Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan (Sampah), sejalan juga dengan program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional yang dimiliki Le Minerale. Dan berharap masyarakat kalangan generasi muda makin sadar bahwasanya sampah plastik masalah yang harus segera ditangani agar tidak menimbulkan bencana yang membahayakan manusia.

Dudi berharap program yang digagas SMPN 7 Kota Bandung dan Le Minerale ini dapat terus berjalan keseluruh sekolah di Bandung. Jika terealisasi, maka berkontribusi pada pengurangan sampah di Kota Bandung.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut