get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Kisah Sukses Petani di Masa Pandemi, Raup Untung 300 Ribu Per Hari  

Rabu, 26 Januari 2022 | 12:15 WIB
header img
Tukiman, petani di Ciampea Bogor yang sukses meski di masa pandemi. Foto: Wildan Hidayat

CIAMPEA, BOGOR - Seorang pria asal Kebumen, Jawa Tengah, sukses menjadi petani di Bogor, Jawa Barat. Tukiman (46) saat ini berdomisili di Kampung Sawah Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, sukses menjadi petani sayuran di desa tersebut.

Menurut Tukiman, usahanya ini sempat jatuh bangun. Namun, berkat kegigihan dan optimisnya, kini ia mampu menyekolahkan anaknya d isalah satu perguruan tinggi swasta di Kota Bogor.

"Sebelumnya, saya sempat jatuh bangun. Namun, berkat keuletan dan kegigihan, sekarang saya bisa membiayai anak saya hingga kuliah," papanrya.

Tukiman menanam berbagai sayuran seperti terong ungu, sawi hijau hingga umbi-umbian. Usaha Tukiman diawali dengan meminjam uang ke BRI untuk modal membeli sebidang tanah di lokasi yang tak jauh dari rumahnya. Kemudian, ia kelola bersama empat orang karyawannya.

Dari modal usaha bank sebesar Rp100 juta, Tukiman dalam sehari mampu meraup untung Rp300 ribu per hari. “Awal modal usaha saya seratus juta rupiah dari BRI, kemudian saya kelola bersama empat orang karyawan. Penghasilan dari pertanian sebesar tiga ratus ribu rupiah per hari," jelasnya. 

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut