get app
inews
Aa Read Next : Energi Baru Terbarukan dari Limbah Kelapa Sawit Kini Banyak Diburu Perusahaan Asing

Menjadikan Kulit Kelapa Sawit atau Biomass Palms Pellets Sebagai Energi Terbarukan

Sabtu, 04 November 2023 | 18:40 WIB
header img
Menjadikan Kulit Kelapa Sawit atau Biomass Palms Pellets Sebagai Energi Terbarukan. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - Kulit atau cangkang dan sabut kelapa sawit selama ini banyak terbuang percuma dan dianggap sia-sia. Bahkan kerap jadi problem tersendiri bagi para pengusaha kelapa sawit untuk pembuangannya.

Namun siapa sangka, ditangan seorang pengusaha asal Bojonegoro Jawa Timur, Abi Maulana, tumpukan kulit dan sabut kelapa sawit yang sudah tidak berguna bahkan terkesan menjadi sampah, disulap dan menjadikannya sangat berharga sebagai energi terbarukan, yaitu Biomas Palm Pellets.

Biomas palm pellets adalah sejenis briket batu bara non fosil merupakan green energy yang ramah lingkungan karena terbuat dari sisa-sisa produksi yang dihasilkan dari kelapa sawit.


Penandatanganan MoU antara produsen biomass palm pellets dengan buyer sejumlah negara. (Foto : Istimewa)
 
 
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko saat memberikan sambutan pada acara penandatangan MoU antara pihak perusahaan produsen Biomass Palm Pellets Indonesia dengan sejumlah negara pemesanan, di Desa Cikereteg Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Jawa Barat, mengutarakan saat ini Indonesia punya potensi besar untuk pengembangan pellet kelapa sawit ini. Sejalan dengan upaya pemerintah meningkatkan bauran energi terbarukan biomass untuk mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060, antara lain, melalui pengembangan bahan bakar padat dari limbah atau pellet kelapa sawit.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut